Pengaruh iklim organisasi sekolah dan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru ekonomi di Sekolah Menengah Atas se-malang Raya / Durinta Puspasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh iklim organisasi sekolah dan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru ekonomi di Sekolah Menengah Atas se-malang Raya / Durinta Puspasari

Puspasari, Durinta (2010) Pengaruh iklim organisasi sekolah dan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru ekonomi di Sekolah Menengah Atas se-malang Raya / Durinta Puspasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci iklim organisasi sekolah gaya kepemimpinan kepala sekolah kepuasan kerja guru. Pendidikan memiliki peran utama dalam pembangunan suatu bangsa. Dengan pendidikan seseorang dibekali dengan berbagai pengetahuan keterampilan dan keahlian. Oleh karena itu sangat wajar dan tepat jika bidang pendidikan diprioritaskan di negara kita ini. Salah satu konteks pembaharuan pendidikan yang perlu disoroti adalah meningkatkan kinerja guru yang ada di sekolah yang ditunjukkan dengan cara guru dapat bekerja secara maksimal karena puas dalam bekerja. Dalam hal ini guru akan merasa puas dalam bekerja apabila sekolah sebagai tempat guru dalam memberikan berbagai bekal pengetahuan keterampilan keahlian dan bermacam-macam tatanan hidup baik yang berupa norma-norma kepada siswa mampu mendukung suasana atau keadaan sekolah yang tenang dan nyaman yang dapat terciptanya iklim organisasi sekolah yang kondusif. Di samping iklim organisasi sekolah kepala sekolah juga mempunyai peranan penting dalam menciptakan kepuasan kerja guru. Kepala sekolah dianggap sebagai seseorang yang dapat merencanakan mengorganisasikan dan mengawasi proses pembelajaran yang ada di sekolah. Sehingga dalam hal ini gaya kepemimpinan kepala sekolah yang bersahabat bisa beradaptasi dengan guru penuh pengertian simpati dan percaya dengan guru akan dapat menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif yang dapat membuat guru merasa terpanggil hati nuraninya untuk melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dan guru akan merasa puas dalam bekerja. Berdasarkan uraian di atas peneliti terdorong untuk mengkaji lebih dalam tentang Pengaruh Iklim Organisasi Sekolah dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kepuasan Kerja Guru Ekonomi di Sekolah Menengah Atas se-Malang Kota . Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) pengaruh iklim organisasi sekolah terhadap kepuasan kerja guru ekonomi di Sekolah Menengah Atas Se-Malang Kota (2) pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru ekonomi di Sekolah Menengah Atas se-Malang Kota dan (3) pengaruh iklim organisasi sekolah dan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru ekonomi di Sekolah Menengah Atas se-Malang Kota. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 60 guru ekonomi. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Data dikumpulkan dengan instrumen berupa kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda (multiple regression). Hasil penelitian dapat dipaparkan secara singkat sebagai berikut (1) iklim organisasi sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja guru ekonomi di Sekolah Menengah Atas se-Malang Kota (2) gaya kepemimpinan kepala sekolah tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja guru ekonomi di Sekolah Menengah Atas se-Malang Kota dan (3) iklim organisasi sekolah dan gaya kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja guru ekonomi di Sekolah Menengah Atas se-Malang Kota. Terkait dengan hasil penelitian ini maka disarankan agar (1) iklim organisasi sekolah yang dirasakan oleh guru hendaknya dapat lebih menciptakan hubungan antarrekan kerja (sesama guru) maupun personil sekolah (kepala sekolah tata usaha dan siswa) yang baik di sekolah seperti dengan diadakannya kegiatan rekreasi dan outbond bersama di sekolah (2) gaya kepemimpinan kepala sekolah hendaknya dapat diterapkan sesuai dengan kondisi yang ada di sekolah sehingga guru akan merasa puas dalam melaksanakan segala aktivitas pekerjaan yang ada di sekolah dan (3) iklim organisasi sekolah dan gaya kepemimpinan kepala sekolah hendaknya dapat lebih mendukung terciptanya hubungan yang harmonis antarwarga sekolah baik itu antara kepala sekolah guru siswa maupun tata usaha.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61108

Actions (login required)

View Item View Item