Pengaruh kondisi sosial ekonomi keluarga, internalitas kegiatan promosi, dan pengalaman belajar bidang studi ekonomi terhadap rasionalitas dalam berkonsumsi peserta didik SMA Negeri se-kota Malang / Jumiati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kondisi sosial ekonomi keluarga, internalitas kegiatan promosi, dan pengalaman belajar bidang studi ekonomi terhadap rasionalitas dalam berkonsumsi peserta didik SMA Negeri se-kota Malang / Jumiati

Jumiati (2010) Pengaruh kondisi sosial ekonomi keluarga, internalitas kegiatan promosi, dan pengalaman belajar bidang studi ekonomi terhadap rasionalitas dalam berkonsumsi peserta didik SMA Negeri se-kota Malang / Jumiati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci sosial ekonomi keluarga internalitas promosi pengalaman belajar rasionalitas berkonsumsi. Inspirasi peneliti dalam mengambil judul tesis Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga Internalitas Kegiatan Promosi dan Pengalaman Belajar Bidang Studi Ekonomi terhadap Rasionalitas dalam Berkonsumsi Peserta Didik SMA Negeri Se-Kota Malang didasari oleh fenomena yang ada bahwa banyak para remaja khususnya peserta didik SMA melakukan konsumsi kurang rasional. Berdasarkan kajian teori yang diperoleh pada bidang studi ekonomi konsumen dalam mengambil keputusan ekonomi seharusnya bersifat rasional. Pada kenyataannya tingkat rasionalitas peserta didik juga dipengaruhi oleh beberapa faktor lainnya baik dari kondisi sosial ekonomi keluarga pengalaman belajar maupun internalitas kegiatan promosi. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) pengaruh tingkat kondisi sosial ekonomi keluarga terhadap rasionalitas dalam berkonsumsi peserta didik SMA negeri se-Kota Malang (2) pengaruh tingkat internalitas kegiatan promosi terhadap tingkat rasionalitas dalam berkonsumsi peserta didik SMA negeri se- Kota Malang (3) pengaruh tingkat kondisi sosial ekonomi keluarga terhadap tingkat internalitas kegiatan promosi peserta didik SMA negeri se-Kota Malang (4) pengaruh tingkat pengalaman belajar bidang studi ekonomi terhadap tingkat rasionalitas dalam berkonsumsi peserta didik SMA negeri se-Kota Malang (5) pengaruh tingkat kondisi sosial ekonomi keluarga terhadap tingkat pengalaman belajar bidang studi ekonomi peserta didik SMA negeri se-Kota Malang (6) pengaruh tingkat kondisi sosial ekonomi keluarga dan internalitas kegiatan promosi terhadap tingkat rasionalitas dalam berkonsumsi peserta didik SMA negeri se-Kota Malang (7) pengaruh tingkat pengalaman belajar bidang studi ekonomi kondisi sosial ekonomi keluarga dan internalitas kegiatan promosi terhadap rasionalitas dalam berkonsumsi peserta didik SMA negeri se-Kota Malang dan (8) pengaruh tingkat efektifitas pengalaman belajar bidang studi ekonomi kondisi sosial ekonomi keluarga dan internalitas kegiatan promosi terhadap rasionalitas dalam berkonsumsi peserta didik kelas X SMA negeri se- Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian penjelasan atau explanatory research yaitu menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis pada data yang sama. Rancangan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis). Penelitian dilakukan di SMA negeri se-Kota Malang dengan jumlah sampel 132 orang. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik random sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Berdasarkan hipotesis penelitian dapat dijelaskan bahwa (1) ada pengaruh langsung antara kondisi sosial ekonomi keluarga terhadap rasionalitas dalam berkonsumsi berarti semakin tinggi tingkat kondisi sosial ekonomi keluarga semakin rendah rasionalitas dalam berkonsumsi (2) ada pengaruh langsung antara internalitas kegiatan promosi terhadap rasionalitas dalam berkonsumsi berarti semakin tinggi tingkat internalitas kegiatan promosi semakin rendah rasionalitas berkonsumsi (3) ada pengaruh langsung antara kondisi sosial ekonomi keluarga terhadap internalitas kegiatan promosi berarti semakin tinggi tingkat kondisi sosial ekonomi keluarga semakin tinggi rasionalitas dalam berkonsumsi (4) ada pengaruh langsung antara pengalaman belajar bidang studi ekonomi terhadap rasionalitas dalam berkonsumsi berarti semakin tinggi tingkat pengalaman belajar bidang studi ekonomi semakin tinggi rasionalitas berkonsumsi (5) ada pengaruh langsung kondisi sosial ekonomi keluarga terhadap pengalaman belajar bidang studi ekonomi berarti semakin tinggi tingkat kondisi ekonomi keluarga semakin tinggi tingkat pengalaman belajar bidang studi ekonomi (6) ada pengaruh langsung antara kondisi sosial ekonomi keluarga dan internalitas kegiatan promosi terhadap rasionalitas dalam berkonsumsi berarti semakin tinggi tingkat kondisi sosial ekonomi keluarga dan internalitas kegiatan promosi semakin rendah rasionalitas dalam berkonsumsi (7) ada pengaruh langsung antara pengalaman belajar bidang studi ekonomi kondisi sosial ekonomi keluarga dan internalitas kegiatan promosi terhadap rasionalitas dalam berkonsumsi internalitas kegiatan promosi memiliki pengaruh lebih besar daripada kondisi sosial ekonomi keluarga dan pengalaman belajar bidang studi ekonomi terhadap rasionalitas dalam berkonsumsi (8) Tingkat efektivitas pengaruh dari pengalaman belajar bidang studi ekonomi kondisi sosial ekonomi keluarga dan internalitas kegiatan promosi terhadap rasionalitas dalam berkonsumsi paling besar bersumber dari internalitas kegiatan promosi. Dari hasil analisis deskriptif koefisien regresi pengaruh kondisi sosial ekonomi terhadap internalitas kegiatan promosi R2 0 187 pengaruh kondisi sosial ekonomi terhadap pengalaman belajar R2 0 137 dan pengaruh kondisi sosial ekonomi internalitas kegiatan promosi dan pengalaman belajar terhadap rasionalitas berkonsumsi R2 0 685. Berdasarkan hasil temuan penelitian disarankan dalam proses pembelajaran bidang studi ekonomi sebaiknya menggunakan pendekatan pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) agar peserta didik benar-benar menghayati materi yang dipelajari sehingga mampu berfikir dan bertindak rasional dalam berkonsumsi. Guru dalam mengajar senantiasa memasukkan materi yang berkaitan dengan cara-cara yang harus dihadapi oleh konsumen dalam merespon promosi yang dilakukan oleh produsen sehingga peserta didik tidak mudah terbujuk oleh rayuan promosi yang menggiurkan. Keluarga sebagai kelompok anutan sebaiknya juga menanamkan budaya konsumsi yang rasional di lingkungannya. Peserta didik akan menjadi konsumen yang rasional karena mereka telah belajar baik di lingkungan keluarga maupu

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61107

Actions (login required)

View Item View Item