Pengaruh stres kerja, motivasi kerja, dan komitmen organisasi sekolah terhadap kinerja guru ekonomi di sekolah menengah atas sekota Malang / Durinda Puspasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh stres kerja, motivasi kerja, dan komitmen organisasi sekolah terhadap kinerja guru ekonomi di sekolah menengah atas sekota Malang / Durinda Puspasari

Puspasari, Durinda (2010) Pengaruh stres kerja, motivasi kerja, dan komitmen organisasi sekolah terhadap kinerja guru ekonomi di sekolah menengah atas sekota Malang / Durinda Puspasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci stres kerja motivasi kerja komitmen organisasi sekolah dan kinerja guru. Kualitas pendidikan merupakan suatu proses yang dinamis karena tuntutan kualitas pendidikan selalu berubah sesuai dengan tuntutan masyarakat dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Salah satu faktor utama yang menentukan kualitas atau mutu pendidikan adalah guru. Guru yang profesional sebelum melakukan pekerjaan akan menciptakan komitmen dan kesepakatan dalam pekerjaan atau tugas yang dilaksanakan. Melalui komitmen yang tinggi maka guru akan menjadi lebih bertanggung jawab dan berupaya menyelesaikan pekerjaannya dengan baik serta dapat meningkatkan kinerja guru. Kenyamanan guru terhadap lingkungan kerjanya juga memegang peranan penting terhadap penciptaan komitmen dan kinerja guru di mana dengan adanya lingkungan kerja yang nyaman maka stres pada pekerjaan akan dapat diminimalisir. Agar dapat menyelesaikan semua pekerjaan yang ada di sekolah dengan baik guru juga memerlukan adanya motivasi kerja yang tinggi. Dengan demikian diharapkan guru dapat meningkatkan proses pembelajaran di kelas dengan baik yang tentunya sangat berarti sekali dalam usaha mencapai tujuan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) pengaruh langsung yang signifikan antara stres kerja terhadap komitmen organisasi sekolah di Sekolah Menengah Atas Sekota Malang (2) pengaruh langsung yang signifikan antara motivasi kerja terhadap komitmen organisasi sekolah di Sekolah Menengah Atas Sekota Malang (3) pengaruh langsung yang signifikan antara stres kerja terhadap kinerja guru ekonomi di Sekolah Menengah Atas Sekota Malang (4) pengaruh langsung yang signifikan antara motivasi kerja terhadap kinerja guru ekonomi di Sekolah Menengah Atas Sekota Malang (5) pengaruh langsung yang signifikan antara komitmen organisasi sekolah terhadap kinerja guru ekonomi di Sekolah Menengah Atas Sekota Malang (6) pengaruh secara tidak langsung yang signifikan antara stres kerja terhadap kinerja guru ekonomi melalui komitmen organisasi sekolah di Sekolah Menengah Atas Sekota Malang dan (7) pengaruh secara tidak langsung yang signifikan antara motivasi kerja terhadap kinerja guru ekonomi melalui komitmen organisasi sekolah di Sekolah Menengah Atas Sekota Malang. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 60 guru ekonomi. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Data dikumpulkan dengan instrumen berupa kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian dapat dipaparkan secara singkat sebagai berikut (1) stres kerja tidak memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap komitmen organisasi sekolah di Sekolah Menengah Atas Sekota Malang (2) motivasi kerja memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap komitmen organisasi sekolah di Sekolah Menengah Atas Sekota Malang (3) stres kerja tidak memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap kinerja guru ekonomi di Sekolah Menengah Atas Sekota Malang (4) motivasi kerja memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap kinerja guru ekonomi di Sekolah Menengah Atas Sekota Malang (5) komitmen organisasi sekolah tidak memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap kinerja guru ekonomi di Sekolah Menengah Atas Sekota Malang (6) stres kerja secara tidak langsung tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru ekonomi melalui komitmen organisasi sekolah di Sekolah Menengah Atas Sekota Malang dan (7) motivasi kerja secara tidak langsung tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru ekonomi melalui komitmen organisasi sekolah di Sekolah Menengah Atas Sekota Malang. Terkait dengan hasil penelitian ini maka disarankan agar tingkat stres kerja dapat diatasi oleh guru melalui olahraga santai banyak humor maupun meditasi. Sedangkan dari pihak sekolah dapat mengatasi stres melalui penetapan tujuan yang realistis perbaikan komunikasi dan program peningkatan kesejahteraan bagi guru serta guru dapat lebih meningkatkan motivasi kerjanya dengan melibatkan pihak sekolah untuk memberikan penghargaan atas usaha dan prestasi guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61105

Actions (login required)

View Item View Item