Meningkatkan motivasi dan ketuntasan hasil belajar ekonomi dengan pembelajaran kooperatif model STAD pada siswa kelas XI IPS SMAN 1 Bontang / Nurdin - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan motivasi dan ketuntasan hasil belajar ekonomi dengan pembelajaran kooperatif model STAD pada siswa kelas XI IPS SMAN 1 Bontang / Nurdin

Nurdin (2010) Meningkatkan motivasi dan ketuntasan hasil belajar ekonomi dengan pembelajaran kooperatif model STAD pada siswa kelas XI IPS SMAN 1 Bontang / Nurdin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci motivasi ketuntasan hasil belajar model STAD Proses pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Bontang selama ini masih terdapat kelemahan. Pertama pola pembelajaran yang diterapkan masih terpusat pada guru (teacher oriented) sehingga siswa kurang diberi kesempatan untuk mengembangkan kreativitas dan belum terlibat secara maksimal dalam proses pembelajaran. Kedua penerapan pembelajaran kooperatif untuk materi ekonomi belum secara jelas memenuhi prosedur pembelajaran kooperatif. Ini terlihat dalam proses pembelajaran yang hanya didominasi oleh siswa yang pandai sementara siswa yang kemampuannya rendah kurang berpartisipasi dalam mengerjakan tugas kelompok sehingga interaksi antara siswa dengan siswa sangat kurang. Kelemahan tersebut berimplikasi pada rendahnya motivasi dan ketuntasan hasil belajar siswa. Mengingat hal tersebut pengembangan model pembelajaran bagi siswa merupakan kebutuhan yang mendesak dan perlu perhatian. Salah satu model pembelajaran yang diyakini mampu meningkatkan motivasi dan ketuntasan hasil belajar siswa adalah pembelajaran kooperatif model STAD. Untuk itu peneliti yakin bahwa pembelajaran model STAD dapat memberikan harapan yang cukup besar untuk meningkatkan motivasi dan ketuntasan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan memperbaiki proses pembelajaran ekonomi untuk meningkatkan motivasi dan ketuntasan hasil belajar ekonomi siswa. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kuatitatif dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan selama delapan kali pertemuan dalam tiga siklus melalui empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 3 SMAN 1 Bontang semester 2 tahun pembelajaran 2009/2010. Data penelitian berupa nilai mata pelajaran ekonomi sebelum pelaksanaan tindakan dikumpulkan melalui dokumen motivasi belajar dikumpulkan dengan menggunakan angket hasil belajar dikumpulkan melalui tes dan aktivitas siswa dikumpulkan melalui observasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian dapat dipaparkan secara singkat sebagai berikut 1) pembelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Motivasi belajar siswa pada kondisi awal pembelajaran yang hanya berada pada kategori sedang ternyata pada akhir tindakan (siklus 3) telah mencapai kategori tinggi dan 2) pembelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa. Pada kondisi awal pembelajaran ketuntasan hasil belajar hanya mencapai 51 85 % siklus 1 sebesar 62 96 % siklus 2 sebesar 96 29 % dan siklus 3 sebesar 100 %. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diajukan beberapa saran yaitu (1) mengingat pembelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan motivasi dan ketuntasan hasil belajar maka disarankan kepada guru agar dapat menerapkan pendekatan ini pada materi yang sesuai dalam melaksanakan pembelajaran ekonomi khususnya materi siklus akuntansi perusahaan jasa dan laporan keuangan di SMA. (2) berdasarkan temuan penelitian ini salah satu kendala dalam penerapan model STAD adalah kurangnya kesiapan siswa menghadapi pembelajaran dengan model STAD untuk itu disarankan agar guru menerapkan model ini terlebih dahulu kepada siswa pada materi sebelum pelaksanaan tindakan. (3) hasil penelitian ini telah membuktikan bahwa model pembelajaran STAD dapat meningkatkan motivasi dan ketuntasan hasil belajar siswa pada materi siklus akuntansi perusahaan jasa dan laporan keuangan. Untuk itu bagi peneliti lebih lanjut disarankan mengembangkan penelitian sejenis pada materi lain dalam mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini memberikan implikasi praktis. Dalam upaya meningkatkan motivasi dan ketuntasan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi khususnya materi siklus akuntansi perusahaan jasa dan laporan keuangan guru dapat menerapkan pembelajaran kooperatif model STAD.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61104

Actions (login required)

View Item View Item