Pengujian tentang pengaruh kualitas layanan akademik terhadap prestasi belajar mahasiswa di Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Padang dengan motivasi belajar sebagai intervening variable / Tri Kurniawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengujian tentang pengaruh kualitas layanan akademik terhadap prestasi belajar mahasiswa di Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Padang dengan motivasi belajar sebagai intervening variable / Tri Kurniawati

Kurniawati, Tri (2010) Pengujian tentang pengaruh kualitas layanan akademik terhadap prestasi belajar mahasiswa di Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Padang dengan motivasi belajar sebagai intervening variable / Tri Kurniawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurniawati Tri. 2010. Pengujian tentang Pengaruh Kualitas Layanan Akademik terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa di Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Padang dengan Motivasi Belajar sebagai Intervening Variable. Tesis Jurusan Pendidikan Ekonomi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sunaryanto M.Ed (II) Prof. Dr. Bambang Sugeng MA MM. Kata kunci kualitas layanan akademik motivasi belajar prestasi belajar. Penyertaan pendidikan dalam usaha pembangunan merupakan salah satu langkah yang strategis. Berdasarkan klasifikasi Organisasi Perdagangan Dunia (World Trade Organisastion WTO) sesuai dengan GATS/WTO- Central Product Classification/MTN.GNS/W/120 pendidikan juga diklasifikasikan sebagai salah satu bentuk bisnis jasa. Perguruan tinggi merupakan salah satu penyedia jasa pendidikan ini. Secara umum tujuan penyelenggaraan pendidikan termasuk di perguruan tinggi adalah terciptanya sumberdaya manusia yang berkualitas dan berdaya saing. Semua tujuan tersebut akan terakumulasi melalui proses belajar. Outputnya adalah kemampuan peserta didik yang tergambar melalui prestasi belajarnya. Prestasi belajar ini dipengaruhi oleh faktor eksternal dan internal. Salah satu faktor eksternalnya adalah kualitas layanan akademik dengan dimensinya berupa tangible reliability responsiveness assurance dan empathy. Kajian tentang kualitas layanan akademik juga menjadi hal yang bertambah penting karena sebagai penyedia jasa tentunya isu kualitas tidak ada salahnya disandingkan dengan perguruan tinggi Sementara itu hasil penelitian terdahulu memperlihatkan adanya inkonsistensi temuan tentang pengaruh kualitas layanan akademik terhadap prestasi belajar. Untuk itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut dengan central issue bahwa inkonsistensi temuan-temuan sebelumnya mungkin diakibatkan oleh adanya pengaruh tidak langsung atau pengaruh yang dimediasi oleh faktor lain. Salah satu faktor yang memediasi tersebut adalah motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) pengaruh kualitas layanan akademik terhadap prestasi belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi UNP dan (2) pengaruh tidak langsung kualitas layanan akademik terhadap prestasi belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi UNP melalui variabel motivasi belajar. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan hubungan antar variabel yang bersifat kausal serta diskemakan berdasarkan analisis jalur. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Padang dengan sampel sebanyak 94 orang. Sampel dipilih dengan mempergunakan teknik proportional random sampling untuk setiap angkatan/tahun masuk. Data dikumpulkan dengan instrumen berupa angket dan teknik dokumentasi untuk variabel prestasi belajar mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur . Hasil penelitian dapat dipaparkan secara singkat sebagai berikut. 1) Kualitas layanan akademik yang dirasakan mahasiswa tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajarnya. Ini berarti bahwa kualitas layanan akademik yang dirasakan oleh mahasiswa tidak secara langsung dapat mempengaruhi dan menentukan prestasi belajar yang dicapainya. 2) Kualitas layanan akademik mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa secara positif dan signifikan. Motivasi belajar juga mempengaruhi prestasi belajar secara positif dan signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas layanan akademik yang diterima dan dirasakan oleh mahasiswa akan mempengaruhi prestasi belajar melalui motivasi belajarnya. Mahasiswa akan semakin termotivasi untuk belajar jika mereka menerima layanan akademik yang berkualitas dan begitupun sebaliknya. Peningkatan motivasi belajar mahasiswa karena layanan akademik berkualitas yang mereka terima akan mendorong pencapaian prestasi belajar yang baik pula. Terkait dengan hasil penelitian ini maka disarankan agar (1) perbaikan kualitas layanan akademik hendaknya diarahkan untuk mendorong termotivasinya mahasiswa untuk belajar (2) Prodi Pendidikan Ekonomi UNP senantiasa melibatkan mahasiswa dalam penilaian kualitas layanan akademiknya (3) Prodi Pendidikan Ekonomi perlu memperbaiki kualitas layanan akademik berupa penambahan jumlah ruangan perkuliahan agar sesuai dengan jumlah mahasiswa yang ada menyederhanakan prosedur layanan akademik dan diinformasikan secara jelas kepada mahasiswa dan meningkatkan kemampuan staf di Prodi Pendidikan Ekonomi UNP untuk dapat memberikan layanan akademik kepada mahasiswa dengan cepat dan tanggap. Implikasinya secara teoritis temuan penelitian ini memperkuat penjelasan dan pendapat bahwa faktor lingkungan sekolah termasuk kualitas layanan akademik mempengaruhi prestasi belajar secara tidak langsung atau dimediasi oleh faktor lain dan faktor yang memediasi tersebut adalah motivasi belajar. Selain itu hasil penelitian ini juga memberikan implikasi praktis. Upaya perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitas layanan akademik guna meningkatkan prestasi belajar mahasiswa hendaklah mengarah pada pemberian layanan akademik yang mampu memotivasi mahasiswa untuk belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61103

Actions (login required)

View Item View Item