Surwiyati (2010) Pengaruh pembelajaran modul dan kooperatif (Jigsaw), tingkat inteligesi terhadap hasil belajar ekonomi siswa negeri 1 Lawang tahun 2009-2010 / Surwiyati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Surwiyati. 2010. Pengaruh Pembelajaran Modul dan Kooperatif (Jigsaw) Tingkat Inteligensi Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa SMA Negeri 1 Lawang Tahun 2009-2010. Pembimbing ( I ) Prof. Dr. J.G. Nirbito M.Pd. ( II ) Prof. Dr. Bambang Banu S. M.M. Kata kunci Pengaruh Pembelajaran Ekonomi dengan Modul Kooperatif (Jigsaw) Hasil Belajar Tingkat Inteligensi. Dalam KTSP seperti yang telah dilaksanakan oleh tiap Satuan Pendidikan mensyaratkan adanya perubahan paradigma guru dalam proses belajar mengajar. Berkaitan dengan hal tersebut guru perlu menerapkan pembelajaran inovatif yang mampu dan memperkaya pengalaman belajar sehingga aktivitas siswa dalam belajar akan meningkat sehingga akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya dalam pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Lawang. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) pembelajaran dengan modul yaitu model pembelajaran yang lebih menonjolkan kegiatannya secara individu dan (2) model kooperatif (jigsaw) yaitu model pembelajaran yang dicapai secara kooperatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis 1) perbedaan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan melalui modul dan kooperatif (jigsaw) pada siswa yang memiliki tingkat inteligensi berbeda 2) perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki inteligensi tinggi sedang dan rendah melalui pembelajaran modul dan kooperatif (jigsaw) 3) menjelaskan interaksi antara strategi pembelajaran inteligensi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini termasuk kuasi eksperimen dengan rancangan faktorial bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran ekonomi dengan modul dan kooperatif (jigsaw) terhadap hasil belajar siswa kelas XII IPS dengan kontrol tingkat Inteligensi di SMA Negeri 1 Lawang semester 1 tahun 2009-2010. Pengambilan sampel digunakan teknik Cluster Random Sampling yaitu dilakukan secara acak dengan mengelompokkan kelas yang diperlakukan sebagai kelas modul dan kelas kooperatif (jigsaw) dengan inteligensi tinggi sedang dan rendah. Pengambilan data tentang hasil belajar dilakukan dengan mengadakan pre tes dan pos tes sedang pengambilan data tentang tingkat inteligensi digunakan data dokumenter. Analisis data digunakan analisis variansi (Anova). Hasil penelitian berdasarkan deskripsi data siswa yang mempunyai inteligensi tinggi mean hasil belajar ekonomi pada pembelajaran modul 9 54 pada pembelajaran kooperatif (jigsaw) 5 14. Pada tingkat inteligensi sedang mean hasil belajar pada pembelajaran modul 13 38 dan pada pembelajaran kooperatif (jigsaw) 8 84. Sedang untuk inteligensi rendah mean hasil belajar pada pembelajaran modul 12 41 dan pada pembelajaran kooperatif (jigsaw) 12 10. Berarti berdasarkan deskripsi data pembelajaran modul lebih sesuai untuk digunakan pada pembelajaran akuntansi perusahaan dagang. Dari hasil uji hipotesis dengan teknik Anova ada perbedaan yang signifikan antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan modul dan kooperatif jigsaw terhadap hasil belajar ekonomi dengan taraf signifikan 0 042 dan t hitung 2 049 sedang t tabel 1 645 tetapi jika dibedakan antar tingkat inteligensi tidak ada perbedaan secara signifikan. Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran modul terhadap hasil belajar antar tingkat inteligensi digunakan uji t dengan hasil hipotesis tidak signifikan pembelajaran modul dengan hasil belajar baik untuk inteligensi tinggi dengan sedang tinggi dengan rendah dan sedang dengan rendah. Tetapi ada perbedaan yang tinggi yaitu antara tinggi dan sedang dengan tingkat kepercayaan 79 6 %. Dan berdasarkan deskripsi data modul lebih sesuai digunakan untuk siswa yang ber inteligensi sedang. Sedang pada kooperatif (jigsaw) ada perbedaan yang signifikan dengan hasik belajar pada siswa yang berinteligensi tinggi dengan rendah taraf signifikan 0 032 dan t hitung -2 211. Berdasarkan deskripsi data pembelajaran kooperatif (jigsaw) lebih sesuai digunakan pada siswa yang berinteligensi rendah. Antara strategi pembelajaran tingkat inteligemsi terhadap hasil belajar tidak ada interaksi yang signifikan namun jika dilihat pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar dan pengaruh tingkat inteligensi terhadap hasil belajar mempunyai tingkat kepercayaan yang tinggi yaitu 91 5 % dan 92 9 %. Berdasarkan hasil analisis tersebut maka tingkat intelegensi berpengaruh terhadap perolehan hasil belajar. Oleh karena itu dalam penggunaan model pembelajaran akuntansi perusahaan dagang dapat disesuaikan berdasarkan tingkat inteligensi Bertitik tolak dari temuan penelitian ini maka unutuk dapat meningkatkan kualitas pembelajaran ekonomi dan hasil belajar siswa diajukan saran saran bahwa dalam pembelajaran ekonomi khususnya pada kompetensi dasar akuntansi perusahaan dagang hendaknya guru ekonomi dapat mengefektifkan penggunaan pembelajaran dengan modul bagi siswa yang berinteligensi rendah maka guru dapat menggunakan model kooperatif (jigsaw) untuk memperoleh hasil belajar ekonomi yang diinginkan maka dalam kegiatan belajar mengajar hendaknya siswa tidak mendapatkan perlakuan yang sama dari suatu model pembelajaran tetapi perlakuan yang diberikan kepada siswa dikelompokkan atau dibedakan berdasarkan tingkat inteligensi persepsi siswa yang positif tentang pembelajaran yang digunakan oleh guru hendaknya mendapatkan pembinaan sehingga persepsi itu terbentuk dalam perolehan hasil belajar yang lebih baik guru ekonomi harus selalu berupaya untuk membelajarkan materi kepada siswa melalui pendekatan kontekstual dan mengkaitkan dengan fakta / fenomena kehidupan sehari-hari agar dapat membentuk siswa yang melek ekonomi tercipta pembelajaran yang inovatif kreatif dan menyenangkan serta bagi peneliti lain dapat mengadakan penelitian lanjutan dengan subyek dan variabel yang lebih luas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Mar 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61101 |
Actions (login required)
View Item |