Peningkatan kemampuan membaca teks narasi dengan strategi Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) di kelas V SDN Pojok 02 Kabupaten Blitar / Latifatul Chariroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan membaca teks narasi dengan strategi Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) di kelas V SDN Pojok 02 Kabupaten Blitar / Latifatul Chariroh

Chariroh, Latifatul (2016) Peningkatan kemampuan membaca teks narasi dengan strategi Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) di kelas V SDN Pojok 02 Kabupaten Blitar / Latifatul Chariroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Chariroh Latifatul. 2016. Peningkatan Kemampuan Membaca Teks Narasi Dengan Strategi Survey Question Read Recite Review (SQ3R) di Kelas V SDN Pojok 02 kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Sutansi M. Pd (2) Suwarti S. Pd. M.Pd. Kata kunci kemampuan membaca teks narasi strategi sq3r Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti di SDN Pojok 02 Kabupaten Blitar pada pembelajaran membaca ditemukan permasalahan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam menentukan ide pokok pada setiap paragraf sehingga siswa belum mampu menyimpulkan isi cerita. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan strategi SQ3R dalam pembelajaran membaca guna meningkatkan kemampuan membaca siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualititif yang meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi SQ3R dalam pembelajaran membaca dapat berjalan dengan baik dan dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa yaitu pada siklus I persentase ketuntasan klasikal siswa sebesar 45% meningkat menjadi 82% dan pada siklus II meningkat menjadi 95% . Penerapan strategi SQ3R dalam pembelajaran membaca juga dapat meningkatkan aktivitas guru yaitu pada siklus I pertemuan 1 sebesar 85% pertemuan 2 meningkat menjadi 93% dan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi dalam pembelajaran membaca dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas V SDN Pojok 02 Kabupaten Blitar. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar dalam peningkatan kemampuan membaca siswa guru hendaknya menyajikan kegiatan pembelajaran yang kooperatif dan menyenangkan. Guru hendaknya kreatif dalam memotivasi siswa untuk lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Apr 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6110

Actions (login required)

View Item View Item