Analisis perumusan dan penerapan sistem akuntansi berbasis EMKM pada RM. Ayam Ingkung Bu Sutini / Aprilia Cintya Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis perumusan dan penerapan sistem akuntansi berbasis EMKM pada RM. Ayam Ingkung Bu Sutini / Aprilia Cintya Dewi

Dewi, Aprilia Cintya (2019) Analisis perumusan dan penerapan sistem akuntansi berbasis EMKM pada RM. Ayam Ingkung Bu Sutini / Aprilia Cintya Dewi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dewi A Cintya. 2019. Analisis Perumusan dan Penerapan Sistem Akuntansi Berbasis SAK EMKM pada RM. Ayam Ingkung Bu Sutini. Tesis Jurusan Akuntansi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Suparti M.P. (II) Dr. Nurika Restuningdiah S.E. M.Si Ak. CA. Kata Kunci Sistem Akuntansi SAK EMKM Teori Technology Acceptance Model Participatory Action Research (PAR) UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. Perkembangannya tidak luput dari berbagai kendala yang dihadapi. Salah satunya berhubungan dengan sistem akuntansi. Sebagian besar pelaku UMKM melakukan pencatatan manual dan sederhana. Hal tersebut terkendala dari kurangnya sumber daya manusia yang tidak memahami akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan dan menerapkan sistem akuntansi yang disesuaikan dengan kondisi UMKM. Kehadiran penelitian ini ingin merumuskan sistem akuntansi dengan menggunakan Ms. Excel dimana terdapat adanaya sistem otomatisasi yang dapat mempermudah dalam membuat laporan keuangan. Penerapan sistem akuntansi dilakukan melalui pendampingan UMKM dalam menggunakan sistem akuntansi. Laporan keuangan yang dihasilkan mengacu pada standar akuntansi keuangan yang berlaku di Indonesia yaitu standar akuntansi keuangan entitas mikro kecil dan menengah (SAK EMKM). Penelitian ini menggunakan Participatory Action Research (PAR) yang terdiri dari beberapa tahap seperti mengidentifikasi masalah mengumpulkan informasi untuk menjawab permasalahan menganalisis dan menginterpretasikan informasi dan berbagi hasil dengan partisipan. Penelitian ini dilakukan di RM. Ayam Ingkung Bu Sutini Sawojajar Malang. Analisis data dilakukan dengan reduksi data penyajian data penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sistem akuntansi yang diterapkan di RM. Ayam Ingkung Bu Sutini masih menggunakan pencatatan secara manual dan sederhana. Kehadiran teknologi berupa sistem akuntansi dikembangkan sesuai dengan kondisi RM. Ayam Ingkung Bu Sutini. Sistem Akuntansi dapat diterima dengan mempertimbangkan dua aspek dalam teori Technologi Acceptane Model (TAM) yaitu aspek kebermanfaatan sistem dan aspek kemudahan penggunaan. Sistem akuntansi yang diterapkan pada RM. Ayam Ingkung Bu Sutini telah berhasil menggantikan pencatatan akuntansi manual yang sebelumnya dilakukan. Hal ini dikarenakan sistem akuntansi yang dirancang telah memenuhi aspek teori TAM. Adanya kemudahan dan manfaat yang dapat dirasakan akan mempengaruhi minat pengguna dalam menggunakan secara berkelanjutan. Keterbatasan penelitian ini adalah data keuangan yang digunakan hanya 1 bulan. Hal ini disebabkan adanya keterbatasan waktu dan kesediaan subjek penelitian. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat memperluas kajian sistem akuntansi UMKM dan sistem informasi manajemen UMKM. .

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S2 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61094

Actions (login required)

View Item View Item