Model tanggung jawab sosial pada UMKM di Kabupaten Kediri / Sayekti Indah Kusumawardhany - Repositori Universitas Negeri Malang

Model tanggung jawab sosial pada UMKM di Kabupaten Kediri / Sayekti Indah Kusumawardhany

Kusumawardhany, Sayekti Indah (2017) Model tanggung jawab sosial pada UMKM di Kabupaten Kediri / Sayekti Indah Kusumawardhany. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kusumawardhany Sayekti Indah. 2016. Model Tanggung Jawab Sosial pada UMKM di Kabupaten Kediri. Tesis. Jurusan Akuntansi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Endang Sri Andayani S.E. M.Si. Ak (II) Prof. Dr. Danardana Murwani M. M. Kata Kunci tanggung jawab sosial UMKM CSR merupakan kegiatan yang dilaksanakan perusahaan di luar aktivitas utamanya dalam rangka menjaga hubungan dengan masyarakat dan mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan pada lingkungan. Hasil komoditas yang dimiliki Kabupaten Kediri ikut melahirkan pertumbuhan UMKM yang jumlahnya semakin meningkat. Disisi lain perkembangan UMKM di Kabupaten Kediri yang terus bermunculan juga memicu dampak negatif dari adanya kegiatan operasi UMKM. Meskipun dampak yang dihasilkan sebuah UMKM tidak terlalu besar akan tetapi jika dibiarkan terus menerus maka masyarakat sekitar usaha akan ikut merasakan dampak negatifnya. Hal ini memberikan pertanyaan bagaimana model penerapan tanggung jawab sosial pada UMKM di Kabupaten Kediri Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana penerapan tanggung jawab sosial yang dilaksanakan oleh pemilik UMKM dalam menjaga hubungan dengan lingkungan sekitar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Peneliti bertindak sebagai instrument sekaligus pengumpul data. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh langsung dengan pemilik usaha. penelitian ini menggunakan triangulasi sebagai pemeriksaan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggung jawab sosial yang dilaksanakan pada UMKM di Kabupaten Kediri adalah (1) pengolahan limbah (2) bonus dan dana kesehatan karyawan (3) sumbangan kegiatan masyarakat sekitar dan (4) sumbangan pada tempat sosial. Selain itu penelitian menemukan bahwa dalam pelaksanaan tanggung jawab sosial pemilik lebih termotivasi karena jiwa sosial yang dimiliki dan hubungan baik yang terjalin antara pelaku usaha dengan lingkungan sosial sekitar secara alami terbentuk tanpa adanya sifat paksaan ataupun peraturan yang mengikat. Pada sisi tingkat modal usaha ternyata ikut membentuk tingkat tanggung jawab sosial. Pelaku usaha dengan tingkat modal yang lebih besar secara alami membentuk tingkat tanggung jawab sosial yang lebih banyak apabila dibandingkan dengan tingkat modal yang lebih rendah. Pada sisi karakteristik pribadi pemiik peneitian ini tidak membuktikan memiliki pengaruh terhadap pelaksanaan tanggung jawab sosial. Saran untuk penelitian selanjutnya dapat diharapkan menambah jumlah jenis usaha jumlah usaha dan kriteria penilaian karakteristik pribadi pelaku usaha dengan tujuan mendapatkan hasil yang lebih akurat dalam menggambarkan penerapan tanggung jawab sosial.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S2 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61076

Actions (login required)

View Item View Item