Peningkatan pembelajaran IPA dengan menggunakan model Make A Match di kelas III SDN Jatimulyo 2 Kota Malang / Ani Mushafidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan pembelajaran IPA dengan menggunakan model Make A Match di kelas III SDN Jatimulyo 2 Kota Malang / Ani Mushafidah

Mushafidah, Ani (2016) Peningkatan pembelajaran IPA dengan menggunakan model Make A Match di kelas III SDN Jatimulyo 2 Kota Malang / Ani Mushafidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mushafidah Ani. 2014. Peningkatan Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan Model Make a Match Di Kelas III SDN Jatimulyo 2 Kota Malang. Skripsi Jurusan KSDP FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Estu Winahyu M. Pd (II) Dra. Sukamti M.Pd Kata kunci IPA Pembelajaran Model Make a Match Model Make a Match merupakan model pembelajaran yang lebih menekankan pada keterlibatan siswa dalam menemukan konsep materi yang diajarkan yang tertuang dalam sebuah permainan mencocokan kartu yang berisi pertanyaan atau jawaban dalam batas waktu yang ditentukan. Tujuan diterapkan model Make a Match ini untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam menemukan konsep materi yang diajarkan dan hasil belajar siswa selama pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi di SDN Jatimulyo 2 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang ditemukan fakta bahwa pembelajaran berpusat pada guru sehingga siswa kurang aktif. Dari data nilai ulangan harian mata pelajaran IPA materi penggolongan hewan menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa mencapai 65 9 dengan ketuntasan kelas mencapai 48% sedangkan SKM yang ditentukan adalah 70 untuk hasil belajar dan 75% untuk ketuntasan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) penerapan model Make a Match untuk meningkatkan pembelajaran IPA (2) aktivitas siswa selama pembelajaran dengan model Make a Match (3) hasil belajar siswa setelah diterapkan model Make a Match. Penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif. Jenis penelitiannya yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model kolaboratif partisipatoris. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dokumentasi tes dan catatan lapangan. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu lembar observasi pelaksanaan pembelajaran model Make a Match lembar observasi aktivitas siswa soal tes dan lembar catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Make a Match untuk pembelajaran IPA siswa kelas III SDN Jatimulyo 2 dengan kompetensi dasar Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana dapat dilaksanakan dengan efektif. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan keberhasilan guru dalam penerapan model Make a Match pada siklus I yaitu 72 5% dan meningkat pada siklus II menjadi 95%. Aktivitas siswa meningkat Siklus I 81% menjadi 96% pada siklus II. Hasil belajar juga meningkat dari rata-rata 79 dengan ketuntasan klasikal 78% pada siklus I menjadi rata-rata 82 dengan ketuntasan klasikal mencapai 98% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan dalam menerapkan model Make a Match ini hendaknya guru mempersiapkan kartu yang digunakan dalam permainan dengan baik sehingga tidak akan ada kekeliruan dalam membagikan kartu-kartu tersebut kepada siswa. Agar siswa tidak kebingunan dalam menemukan kartu pasangan sebaiknya guru menggunakan kartu yang berbeda warna pada tiap kartu pertanyaan dan kartu jawaban.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Mar 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6107

Actions (login required)

View Item View Item