Pengaruh promosi dan service quality terhadap revisit intention dengan destination image sebagai variabel intervening (studi pada Pulau Gili Labak Kabupaten Sumenep) / Zulviar Anas

Anas, Zulviar (2018) Pengaruh promosi dan service quality terhadap revisit intention dengan destination image sebagai variabel intervening (studi pada Pulau Gili Labak Kabupaten Sumenep) / Zulviar Anas. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Anas, Zulviar. 2018. Pengaruh Promosi dan Service Quality terhadap Revisit Intention dengan Destination Image Sebagai Variabel Intervening pada Pulau Gili Labak Kabupaten Sumenep. Tesis, Jurusan Manajemen, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Sudarmiatin, M.Si, (II) Dr. Syihabudhin, S.E, M.Si. Kata Kunci: Promosi, Service Quality, Destination Image dan Revisit Intention Industri pariwisata merupakan salah satu faktor penting dalam mendongkrak perekonomian daerah. Selain menambah devisa, pariwisata juga dapat menjadi salah satu sumber pendapatan utama suatu daerah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi revisit intention (minat berkunjung kembali) pada Pulau Gili Labak Kabupaten Sumenep. Objek penelitian ini yaitu Pulau Gili Labak, salah satu destinasi wisata alam yang menjadi andalan Kabupaten Sumenep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui promosi, service quality (kualitas layanan), destination image (citra destinasi) dan revisit intention (minat berkunjung ulang). Berdasarkan jenis penelitian ini digolongkan pada penelitian deskriptif dan explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wisatawan yang datang ke Pulau Gili Labak Kabupaten Sumenep. Sampel penelitian ini sebanyak 384 responden (wisatawan) dengan teknik accidental sampling. Data penelitian ini diperoleh dari sebaran kuesioner di Pulau Gili Labak Kabupaten Sumenep dengan rentan waktu dari 01 Januari 2018 ÔÇô 28 Februari 2018. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan path analysis (analisis jalur). Hasil penelitian ini yaitu (1) ) promosi dalam kategori cukup, service quality dalam kategori cukup, destination image dalam kategori cukup, dan revisit intention berkategori cukup (2) promosi berpengaruh positif signifikan terhadap destination image (3) service quality berpengaruh positif signifikan terhadap destination image (4) destination image berpengaruh signifikan terhadap revisit intention (5) promosi berpengaruh positif signifikan terhadap revisit intention (6) service quality berpengaruh positif signifikan terhadap revisit intention (7) promosi berpengaruh secara tidak langsung positif signifikan terhadap revisit intention melalui destination image (8) service quality berpengaruh secara tidak langsung positif signifikan terhadap revisit intention melalui destination image. Berdasarkan temuan penelitian, peneliti mengharapkan dan memberikan saran agar pengelola lebih meningkatkan kegiatan promosi Pulau Gili Labak baik dari internet, sosial media, media cetak dan televisi agar lebih dikenal masyarakat luas. Pengelola meningkatkan kembali mutu kualitas layanan agar citra destinasi (destination image) dari Pulau Gili Labak lebih baik di mata masyarakat / wisatawan agar bisa menarik lebih banyak lagi wisatawan dan membuat wisatawan yang sudah pernah berkunjung akan mempunyai niat untuk berkunjung kembali ke Pulau Gili Labak Kabupaten Sumenep.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S2 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61069

Actions (login required)

View Item View Item