Pengaruh iklan televisi terhadap minat beli melalui kesadaran merek Indomie (studi pada pemirsa iklan televisi Indomie di Kecamatan Sukolilo, Surabaya) / Zulfiqar Fadhil Lubis

Lubis, Zulfiqar Fadhil (2018) Pengaruh iklan televisi terhadap minat beli melalui kesadaran merek Indomie (studi pada pemirsa iklan televisi Indomie di Kecamatan Sukolilo, Surabaya) / Zulfiqar Fadhil Lubis. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lubis, Zulfiqar Fadhil. 2018. Pengaruh Iklan Televisi terhadap Minat Beli melalui Kesadaran Merek Indomie (Studi pada Pemirsa Iklan Televisi Indomie di Kecamatan Sukolilo, Surabaya). Tesis. Program Studi Manajemen, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sudarmiatin, M.Si., (II) Dr. Drs. I Wayan Jaman Adi Putra, M.Si. Kata kunci : Periklanan, Iklan Televisi, Kesadaran Merek, Minat Beli Persaingan bisnis yang ketat menuntut perusahaan tidak hanya untuk inovatif dan efisien, tetapi juga berdampak pada penyampaian informasi kepada konsumen.Indomie mengeluarkan 981,5 miliar Rupiah untuk belanja iklan di televisi sepanjang 2017. Penelitian ini bertujuan untuk(1) mendeskripsikankeadaan iklan televisi, kesadaran merek, dan minat beli Indomie di Kecamatan Sukolilo, Surabaya. (2) Mengetahui pengaruh langsung iklan televisi terhadap kesadaran merek. (3) Mengetahui pengaruh langsung iklan televisi terhadap minat beli. (4) Mengetahui pengaruh langsung kesadaran merek terhadap minat beli. (5) Mengetahui pengaruh tidak langsung iklan televisi terhadap minat beli melalui kesadaran merek. Metode penelian yang pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan eksplanatori dengan mendekatan kuantitatif.Populasi dari penelitian ini adalah audiens yang pernah melihat iklan televisi Indomie dan mengkonsumsi produk Indomie.Sampel penelitian sebesar 389 responden dengan teknik random sampling.Data penelitian menggunakan instrumen kuisioner yang disebar di Kecamatan Sukolilo, Surabaya.Sedangkan, teknik analisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis jalur. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa iklan televisi, kesadaran merek, dan minat beli dalam kategori tinggi.Sedangkan hasil analisis jalur menyimpulkan bahwa (1) Iklan televisi berpengaruh positif signifikan terhadap kesadaran merek, (2) iklan televisi berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli,(3) kesadaran merek berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli, dan (4) iklan televisi terhadap minat beli melalui kesadaran merek berpengaruh positif signifikan yang pengaruhnya lebih besar dibandingkan pengaruh langsungnya. Saran yang diberikan berdasarkan penelitian ini diharapkan produsen Indomie dapat mengevaluasi iklan yang ditayangkan agar menyita perhatian, menarik minat, dan memiliki kecenderungan untuk membeli produk Indomie.Selain itu, meningkatkan slogan Indomie agar mampu diingat lebih baik oleh konsumen.Bagi peneliti selanjutnya, menambah variabel iklan onlinedalam mempengaruhi minat beli konsumen dan cakupan wilayah penelitian yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S2 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61068

Actions (login required)

View Item View Item