Pengaruh strategi penetapan harga, karakteristik perusahaan, dan strategi ekspor terhadap kinerja ekspor (studi pada perusahaan ekspor komoditi unggulan kelapa Provinsi Sulawesi Utara) / Regina Rovelia Kambey

Kambey, Regina Rovelia (2018) Pengaruh strategi penetapan harga, karakteristik perusahaan, dan strategi ekspor terhadap kinerja ekspor (studi pada perusahaan ekspor komoditi unggulan kelapa Provinsi Sulawesi Utara) / Regina Rovelia Kambey. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kambey, Regina Rovelia. 2018. Pengaruh Strategi Penetapan Harga, Karakteristik Perusahaan, dan Strategi Ekspor Terhadap Kinerja Ekspor pada Perusahaan Ekspor Komoditi Unggulan Kelapa di Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2016-2017. Tesis. Jurusan Manajemen, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang,ÔÇôÔÇôPembimbing (I) Prof. Dr. F. Danardana Murwani, M.M, (II) Prof. Dr. H. Heri Pratikto, M.Si. Kata Kunci : Kinerja Ekspor, Strategi Penetapan Harga, Karakteristik Perusahaan, Data Panel Ekspor mempunyai arti penting bagi perekonomian suatu daerah. Melalui ekspor dapat diraih banyak manfaat, diantaranya dapat mempertinggi perkembangan sosioekonomi, meningkatkan keuntungan dan penjualan, memperluas pasar, serta dapat menambah nilai valuta asing. Untuk meningkatkan kinerja ekspor, para pimpinan perusahaan dituntut untuk terus berpikir kritis dalam menghadapi persaingan yang semakin tinggi dan kompetitif. Bukan hanya mampu beradaptasi dengan lingkungan yang dinamis, akan tetapi perusahaan dituntut untuk memiliki kemampuan dalam menghasilkan kinerja penjualan yang optimal. Hal itu dapat dicapai melalui penentuan penetapan harga yang kompetitif, kemampuan perusahaan dalam ekspor yang dilihat dari karakteristik perusahaan, saerta pemilihan strategi ekspor yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh strategi penetapan harga, karakteristik perusahaan, dan strategi ekspor terhadap kinerja ekspor pada perusahaan ekspor komoditi unggulan kelapa di Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2016-2017.Metode penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif dan penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah populasi adalah 19 perusahaan dan teknik pengambilan sampel menggunakan non probabilty sampling, dengan teknik total sampling dimana seluruh perusahaan ekspor dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dan teknik analisis data menggunakan analisis regresi data panel (pooling data). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi penetapan harga dalam kategori tepat, karakteristik perusahaan dalam kategori baik, strategi ekspor dalam kategori tepat, dan kinerja ekspor berkategori baik (2) Strategi penetapan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja ekspor komoditi unggulan kelapa (3) Karakteristik perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja ekspor komoditi unggulan kelapa (4) Strategi ekspor berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja ekspor komoditi unggulan kelapa. Berdasarkan hasil penelitian, pemilik dan manajer perusahaan sudah mengambil sikap yang tepat berkaitan dengan penentuan kebijakan strategi harga dan strategi ekspor perusahaan. Namun, perusahaan belum memiliki komitmen yang serius dalam orientasi teknologi yang khas dan keunikan produk yang dihasilkan perusahaan ke pasar internasional. Hal ini harus menjadi perhatian, agar kedepannya kinerja ekspor akan terus meningkat. Untuk faktor karakteristik perusahaan, perusahaan sudah menunjukkan sikap yang baik. Namun, perlu adanya peningkatan secara berkelanjutan tentang alokasi sumber daya perusahaan dan pengalaman ekspor perusahaan, khususnya keahlian dan pengetahuan tenaga kerja tentang pasar tujuan ekspor.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S2 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61062

Actions (login required)

View Item View Item