Penerapan Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar siklus Akuntansi pada siswa kelas X-AK-2 SMKN 1 Sooko Mojokerto / Ismartini

Ismartini (2018) Penerapan Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar siklus Akuntansi pada siswa kelas X-AK-2 SMKN 1 Sooko Mojokerto / Ismartini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pelajaran 2016/2017. Tesis. Program Studi Pendidikan Bisnis Manajemen, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof.Dr. Ery Tri Djatmika R.W.W.M.A. M. Si. (2) Dr. Agus Hermawan. Grad DipMgt, M.Si, MBus. Kata Kunci: Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Akuntansi Hasil observasi awal di kelas X-AK.2 SMKN 1 Sooko Mojokerto menunjukkan bahwa (1) prestasi belajar akuntansi masih rendah; (2) Ketuntasan klasikal pada saat penilaian harian hanya 18,75%; (3) siswa tidak mampu menyelesaikan tugas tepat waktu; (4) model pembelajaran yang digunakan masih didominasi ceramah dan penugasan, akibatnya siswa jenuh dan cepat bosan dalam pembelajaran. Salah satucarauntukmengatasipermasalahantersebutadalahdenganpenerapanpembelajaranberbasismasalah. Model pembelajaranberbasismasalahmerupakan salah satumetodepembelajaran authentic assessment (penalaran yang nyataataukonkret) dapatditerapkansecarakomprehensif, sebab di dalamnyaterdapatunsurmenemukanmasalahsekaligusmemecahkannya (unsurterdapat di dalamnyayaitu problem solving ataumemecahkanmasalah). Penerapan PBL dalam proses pembelajaran di kelas, siswadiharapkanakanmemahamimateri/konsep yang dipelajarisecaralebihbermakna, karenasiswadituntutuntukaktifdalammencariberbagaimacaminformasidariberbagaisumberuntukmemecahkanmasalah yang dihadapi. Penelitianinibertujuanuntuk meningkatkan prestasibelajarAkuntansisiswakelasX-AK.2 SMKNegeri 1 Sooko Mojokerto kompetensiSiklus Akuntansi Perusahaan Jasa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-AK.2 yang berjumlah 32 orang, semua berjenis kelamin perempuan. Jenis data yang didapat dari siswa berupa jawaban pre-test dan post-test, kemampuan berpikir kritis, angket, dan wawancara dengan guru dan siswa selama proses belajar mengajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah berupa observasi (pengamatan) selama proses pembelajaran, wawancara, angket, dan tes. Analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan Problem Based Learning mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis materi siklus Akuntansi pada siswa kelas X-AK.2 SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto Tahun Pelajaran 2016/2017. Hal ini berdasarkan rata-rataberpikir kritis siswapada siklusI sebesar67,33%dan padasiklusIIsebesar85,23% sehingga besarnya peningkatansebesar17,90%; dan (2) Penerapan Problem Based Learning mampu meningkatkan hasil belajar siklus Akuntansi pada siswa kelas X-AK.2 SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto Tahun Pelajaran 2016/2017. Hal ini berdasarkan rata-ratahasil belajar siswapada siklusI sebesar72,1 dan padasiklusIIsebesar85,5.Besarnya peningkatannilai rata-rata tes sebesar 13,4. Jumlah siswa yang tuntas belajar pada siklus I sebanyak 23 orang dan pada siklus II sebanyak 31 orang. Besar peningkatan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 8 orang. ii Berdasarkanhasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwa model pembelajaranberbasismasalahmampumeningkatkanprestasibelajar dan kemampuanberpikirkritis pada siswakelas X-AK.2 SMKN 1 SookoMojokerto. Saran darihasilpenelitianbagi guru matapelajaran, hendaknya guru memberikanapersepsi yang menarikuntukmemotivasisiswa, bagipeneliti lain dapatmenjadireferensiuntukpenelitianpembelajaran model berbasismasalahdengan variable yang berbeda.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S2 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61059

Actions (login required)

View Item View Item