Sholikhah, Gupita Maulida (2018) Melestarikan warisan budaya batik Indonesia melalui strategi peningkatan daya saing di pasar internasional (studi kasus pada PT. Batik Danar Hadi Surakarta) / Gupita Maulida Sholikhah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sholikhah Gupita Maulida. 2018. Melestarikan Warisan Budaya Batik Indonesia Melalui Strategi Peningkatan Daya Saing Di Pasar Internasional (Studi Kasus Pada PT. Batik Danar Hadi Surakarta). Tesis. Program Studi Manajemen. Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sudarmiatin M.Si. (II) Dr. Ely Siswanto S.Sos. M.M. Kata kunci Batik Daya Saing Pasar Internasional. Batik bukan sekedar kain biasa batik memiliki motif dengan nilai filosofi yang tinggi. Setiap goresan pada batik menggambarkan makna tertentu dan beragam. Batik sebagai warisan budaya bangsa dilihat sebagai bentuk traditional knowledge dan traditional cultural expression dari masyarakat lokal Indonesia. Dengan segala produk eksklusif yang dimiliki batik potensi batik untuk dunia masih tinggi. PT. Batik Danar Hadi masih mempunyai banyak peluang untuk mengembangkan ekspor batik di seluruh dunia. Namun ada beberapa hambatan yang dialami pada Divisi Ekspor PT. Batik Danar Hadi yaitu belum bisa memproduksi dalam kuantitas tinggi dan waktu produksi yang lebih singkat dengan begitu belum bisa memenuhi permintaan pelanggan dengan maksimal. Hal tersebut dapat mengancam PT. Batik Danar Hadi untuk bersaing dengan eksportir lainnya. Tujan penelitian ini adalah menganalisis daya saing keunggulan kompetitif produk batik Indonesia pada PT. Batik Danar Hadi Surakarta di pasar internasional. Metode pengolahan dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus. Alat yang digunakan untuk analisis daya saing keunggulan kompetitif menggunakan Teori Berlian Porter. Hasil analisis sistem Berlian Porter terlihat keterkaitan antara komponen utama dan penunjang maka dapat diartikan bahwa batik memiliki keunggulan kompetitif daya saing yang kuat di pasar internasional namun membutuhkan adanya strategi untuk memperkuat daya saing. Untuk mengetahui strategi pengembangan digunakan analisis SWOT. Hasil analisis strategi yang dihasilkan yaitu memperluas pasar dengan positioning brand yang dimiliki mengembangkan produk lain yang telah diproduksi dengan memanfaatkan SDM yang berkualitas. Mencari solusi membuat teknologi baru penganti sinar matahari untuk mempercepat proses produksi. Meningkatkan market share. Menambah space produksi kepada buyer untuk memperbaiki skala prioritas pelanggan. ABSTRACT Sholikhah Gupita Maulida. 2018. Preserving Indonesian Batik Cultural Heritage Through Strategy to Increasing Competitiveness in International Market (Case Study At PT Batik Danar Hadi Surakarta). Thesis. Study Progam of Management. Postgraduate. Universitas Negeri Malang. Advisors (I) Prof. Dr. Sudarmiatin M.Si. (II) Dr. Ely Siswanto S.Sos. M.M. Key words Batik Competitiveness International Markets. Batik is not just plain cloth batik has motif with high philosophy value. Every scratch on the batik depicts a particular meaning and varies. Batik as a national cultural heritage is seen as a form of traditional knowledge and traditional cultural expression from the local society of Indonesia. Since batik has a variety of exclusive product it produces a high demand and potential to the world. For this PT. Batik Danar Hadi owns many opportunities to expand the export of batik to the whole world. However some obstacles are may existed and experienced by the export division of PT. Batik Danar Hadi. PT. Batik Danar Hadi is not able to produce the products in great quantities in a short production time which means this company is not able yet to fulfill the costumer s demand in maximum. This could be a threat for the company to compete with other exporters. Therefore this research aims to analyze the competence of competitive quality of Indonesian batik products of PT. Batik Danar Hadi Surakarta in international market domain. The method of data collection and analysis exerted in this research is descriptive qualitative method in the type of case study. The instrument used to analyze the competence of competitive quality of products is Berlian Porter s theory. From the analysis result exerting the theory of Berlian Porter shows that there is interrelatedness between main and supporting components. It indicates that batik owns the competitive quality and high competence in the international markets yet it needs a strategy to strengthen the competitiveness. To know the expanding strategy this research uses SWOT analysis. Due to the strategy analysis it needs to expand the market by the strategy of owned positioning brand to develop other products that have been produced by employing qualified human resources to make an invention of a new technology of sunlight supplementary as a solution to speed up the production process to raise market share to add the production space to the buyers to fix the scale of costumer priorities.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S2 Manajemen |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 May 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61055 |
Actions (login required)
View Item |