Analisis strategi pemasaran industri kreatif musik pada grup musik "Wake Up Iris" / Yuliasti Ika Handayani - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis strategi pemasaran industri kreatif musik pada grup musik "Wake Up Iris" / Yuliasti Ika Handayani

Handayani, Yuliasti Ika (2017) Analisis strategi pemasaran industri kreatif musik pada grup musik "Wake Up Iris" / Yuliasti Ika Handayani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Handayani Yuliasti Ika. 2017. Analisis Strategi Pemasaran Industri Kreatif Musik Pada Grup Musik Wake Up Iris . Tesis Program Studi Manajemen Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sudarmiatin M.Si. (II) Dr. Agus Hermawan M.Si Grad Dip MGT. M Bus Kata kunci Strategi Pemasaran Pemasaran Jasa Industri Musik. Industri musik Indonesia memberikan kontribusi yang cukup tinggi bagi pertumbuhan ekonomi nasional. Industri musik dalam bisnis global menjadi hal yang menarik untuk dikaji. Implementasi manajemen dalam industri musik haruslah berjalan dengan baik. Pemasaran musik termasuk ke dalam pemasaran jasa bila dilihat dari pertunjukkan langsung yang dilakukan oleh sebuah grup musik. Penelitian ini memiliki tiga fokus yaitu mendeskripsikan strategi yang telah diterapkan melakukan analisis SWOT lalu membuat rancangan strategi pemasaran. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis strategi pemasaran yang telah dilakukan oleh grup musik Wake Up Iris . Elemen pemasaran jasa yang dianalisis meliputi komponen tujuh P yaitu product price place promotion people process pyhsical evidence. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus. Teknik analisis menggunakan analisis SWOT untuk mengetahui kondisi terkini dari grup musik Wake Up Iris . Penelitian dilakukan di kota Malang dengan peneliti sebagai informan kunci. Dengan menggunakan analisis SWOT diketahui nilai IFAS sebesar 2.14 dan nilai EFAS sebesar 2.61 sehingga diperoleh hasil bahwa kondisi grup musik Wake Up Iris ada pada kuadran 1 di dalam diagram analisis SWOT yaitu agresif dalam meraih pasar. Strategi yang digunakan adalah SO yaitu dengan memanfaatkan seluruh kekuatan untuk merebut dan memanfaatkan peluang sebesar-besarnya diantaranya adalah mengadakan tur promosi ke luar kota bekerjasama dengan brand penyedia layanan memaksimalkan penjualan merchandise merilis album fisik dan digital. Perencanaan strategi lima tahun terhitung dari tahun 2017 hingga tahun 2021 meliputi program kerja rekruitmen anggota baru kerjasama dengan pihak luar promosi pemasaran produk dan pengadaan event. Saran yang dapat peneliti sampaikan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Tim publikasi dapat memaksimalkan website yang sudah dimiliki. Hal ini dapat membantu dalam proses promosi produk atau pemasaran. (2) Manajer bisa menambahkan anggota untuk penata visual dan penata cahaya sehingga di beberapa acara yang berskala cukup besar penampilan bisa lebih maksimal. (3) Setelah proses perilisan album fisik dan digital segera mengurus izin dan mendaftarkan hak paten ke pihak instansi terkait. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi dikemudian hari agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Hak paten tersebut sangat diperlukan agar dapat bersaing baik di pasar dalam negeri maupun pasar global. (4) Diadakan meet and greet setelah selesai acara sehingga bisa mendekatkan dan membangun komunikasi yang baik dengan penonton untuk membangun ikatan emosi. (5) Personil juga bisa menjadi pembicara di talkshow dalam membangun citra band. (6) Bagi peneliti selanjutnya hasil penelitian dapat dijadikan bahan referensi secara khusus di bidang pemasaran industri musik dengan menambah atau mengurangi variabel penelitian. ABSTRACT Handayani Yuliasti Ika. 2017. Marketing Strategy Analysis of Creative Music Industry of Music Group Wake Up Iris . Thesis Management Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sudarmiatin M.Si. (II) Dr. Agus Hermawan M.Si Grad Dip MGT. M Bus Keywords Marketing Strategy Service Marketing Music Industry. The Indonesian music industry contributes significantly to the growth of the national economy. The music industry in global business becomes an interesting thing to study. Implementation of management in the music industry should work well. Music-marketing is marketing of services viewed from live performances performed by a music group. This study has three focuses that describe the strategy that has been applied SWOT analysis then make the design of marketing strategy. This study was conducted to analyze the marketing strategy that has been done by the music group Wake Up Iris . The marketing elements of services analyzed include seven P s components product price place promotion people process pyhsical evidence. This research uses qualitative method of case study. The analytical technique used a SWOT analysis to find out the current state of the band Wake Up Iris . The study was conducted in Malang with researchers as key informant. By using SWOT analysis it is known that IFAS value is 2.14 and EFAS value is 2.61 so it is found that the condition of the musical group Wake Up Iris Is in quadrant 1 in the SWOT analysis diagram that is aggressive in reaching the market. The strategy used is SO that is by utilizing all the power to seize and take advantage of the greatest opportunities are touring promotional tour out of town in cooperation with brand service provider maximize merchandise sales release physical and digital album. The five-year strategic plan from 2017 to 2021 includes work programs recruitment of new members cooperation with outsiders promotion product marketing and event procurement. Suggestions in this study are as follows (1) The publication team can maximize the website already owned. This can help in the process of product promotion or marketing. (2) Managers can add members to visual stylist and lighting stylist so in some large scale events the appearance can be maximal. (3) After the physical and digital album release process immediately take care of the permit and register the patent to the related agency. (4) Meet and greet after the event can bring closer and build good communication with the audience to build emotional bond. (5) Personnel can also be a speaker in talkshows in building band image.(6) For the next researcher the result of the research can be used as reference material specifically in the field of marketing of music industry by increasing or decreasing the research variables.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S2 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61049

Actions (login required)

View Item View Item