Analisis perilaku konsumen wanita untuk membeli produk kosmetik merek "Oriflame" (studi fenomenologi pada mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Malang Indonesia) / Miora Joelle Ranosiharimandimby - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis perilaku konsumen wanita untuk membeli produk kosmetik merek "Oriflame" (studi fenomenologi pada mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Malang Indonesia) / Miora Joelle Ranosiharimandimby

Ranosiharimandimby, Miora Joelle (2017) Analisis perilaku konsumen wanita untuk membeli produk kosmetik merek "Oriflame" (studi fenomenologi pada mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Malang Indonesia) / Miora Joelle Ranosiharimandimby. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ranosiharimandimby Miora Joelle. 2017. Analisis Perilaku Konsumen Wanita untuk Membeli Produk Kosmetik Merk Oriflame (Fenomenologi pada Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Malang di Indonesia). Tesis. Program Studi S2 Manajemen program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sudarmiatin M.Si (II) Dr. Agus Hermawan M.Si. GradDipMgt. M.Si. MBus. Pasar kosmetik telah menjadi fenomena sosial di Indonesia. Seiring waktu sikap dan kebiasaan yang berubah menjadi sebuah kebiasaan dengan teknologi baru dan berbeda mempengaruhi pasar. Perawatan kecantikan kulit pemutih kulit dan pembersih kulit toning dan produk pelembab anti penuaan menjadi hal penting di negara Asia dan negara negara lainnya. Kosmetik memainkan peran yang semakin penting dalam kehidupan sehari-hari bagi masyarakat Indonesia dan pasar perawatan kulit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perilaku pembelian mahasiswa perempuan dalam program pascasarjana di Universitas Negeri Malang pada produk kosmetik Oriflame. Penelitian ini berfokus pada proses perilaku pembelian wanita dalam keputusan pembelian dan menentukan alasan mengapa mereka memilih produk Oriflame yang meliputi kualitas produk pengalaman terdahulu kesesuaian dengan kulit keterjangkau kemasa review orang-orang mencoba. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Dalam penelitian ini responden sebanyak 8 orang terdiri dari 2 penjual 1 konsultan dan 5 konsumen. Penelitian ini dilakukan pada tiga kategori perempuan yang telah diwawancarai yaitu konsumen perempuan belum bekerja dan belum berkeluarga konsumen perempuan sudah bekerja dan belum berkeluarga dan yang terakhir adalah perempuan sudah bekerja dan sudah berkeluarga. Lokasi penelititian diadakan di Pascasarjana Universitas Negeri Malang prodi manajemen geografi dan kimia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak faktor yang mempengaruhi konsumen dalam membeli produk Oriflame. Faktor-fator tersebut adalah branded diskon setiap produk pembelian melalui konsultan. Tidak ada perbedaan antara perempuan yang sudah bekerja dengan yang belum bekerja dalam hal faktor yang mempengaruhi perilaku pembelian mereka seperti harga dan kualitas produk yang menjadi poin utama mereka. Diskon adalah hal yang paling penting dan hal yang menarik bagi mereka untuk membeli produk Oriflame. Bagi wanita yang belum berkeluarga dan pada saat bersamaan belum memiliki pekerjaan mereka lebih banyak dipengaruhi oleh keluarga ibu dan saudara perempuan. Namun sebagian besar faktor yang mempengaruhi konsumen dalam membeli produk Oriflame adalah teman dan katalog. Faktor yang paling mempengaruhi keputusan pembelian wanita dalam penelitian ini adalah kualitas produknya setelah itu harga sesuai dengan kualitas dan yang terakhir adalah kenyamaan dan kecocokan. Alasan yang paling utama konsumen untuk membeli di Oriflame adalah kecocokan di kulit sendiri kualitas produk Oriflame sangat bagus dan bisa memenuhi kebutuhan mereka Bagi produsen disarankan agar memberi tester untuk konsultan individu atau reseller untuk menghindari kekecewaan/ ketidakpuasan konsumen karena sulit bagi wanita untuk memilih produk jika mereka tidak bisa mencoba dan tidak tahu dengan pasti produknya. Agar semua konsumen bisa menerima produk Oriflame distributor Oriflame disarankan untuk mempromosikan lebih jelas ke konsumen karena ada yang hanya lihat harganya dan langsung dibilang mahal sedangkan ada produk produk pakai diskon dan lebih murah. Oriflame disarankan oleh konsumen-konsumen juga untuk menambah produk Oriflame yang lebih variasi. Tingkatan bonus untuk konsumen bukan hanya untuk penjual. Khususnya di Indonesia yang konsumennya terdiri dari mayoritas muslim sebaiknya diperhatikan bahan-bahan yang halal. Disarankan oleh konsultan dan penjual bahwa kalau bisa perusahaan Oriflame membuat produk yang harganya murah dan bisa di konsumsi oleh pelajar atau mahasiswa. ABSTRACT Ranosiharimandimby Miora Joelle. 2017. Analysis of Consumer Behavior of Women to Purchase Cosmetic Products Brand Oriflame (Phenomenology studies on Graduate Students at State University of Malang Indonesia). Thesis. S2 Management Program Postgraduate Program State University of Malang. Supervisors (I) Prof. Dr. Sudarmiatin M.Si (II) Dr. Agus Hermawan M.Si. GradDipMgt. M.Si. MBus. Cosmetic market has become a social phenomenon in Indonesia. Over time attitudes and habits are turned into a habit with new and different technologies affecting the market. Skin beauty treatments skin whitening and skin cleansers toning and anti-aging moisturizing products are important in Asian and other countries. Cosmetics plays an increasingly important role in daily life for Indonesian society and the skin care market. The purpose of this study is to analyze the behavior of women in purchasing cosmetics product from Oriflame towards graduate students at the State University of Malang. This study focuses on the process of buying women behavior in the purchase of cosmetics and determine the reasons why they choose Oriflame products that include product quality prior experience skin compliance affordability reliability people reviews try. This study used a qualitative approach the data used in this study are primary and secondary data. In this study respondents as many as 8 people consisting of 2 sellers 1 consultant and 5 consumers. This research was conducted on three categories of women who have been interviewed female consumers have not worked and not married female consumers have worked and not married and the last is women have work and have family. The research location was held in Postgraduate student of State University of Malang program management geography and chemistry. The result of this study showed that there are many factors which influence customer in purchasing product from Oriflame. These factors are branded discount in every product and purchasing via consultant or reseller. There is no difference between women employed with women unemployed in terms of factors that affect their buying behavior such as price and quality of products that become their main points. Discounts are the most important and interesting thing for them to buy Oriflame products. For women who are not married and at the same time have not had a job they are more influenced by family mother and siblings. The most factors that influence consumers in buying Oriflame products are friends and catalogs. The most influencing factor of women purchase decision in this study is firstly the quality of the product secondly the price is in accordance with the quality and the last is the similarity and suitability. The main reason of consumers to buy in Oriflame is the match in their own skin the quality of Oriflame products is very good and can meet their needs. For manufacturers it is advisable to give tester to individual consultants or resellers to avoid consumer discontent / dissatisfaction because it is difficult for women to choose a product if they cannot try and do not know the certainty the product. In order for all consumers to accept Oriflame products Oriflame distributors are advised to promote more clearly to consumers because there are only see the price and immediately arguably expensive while there are products with discount and cheaper. Oriflame is suggested by consumers also to add more varied products. Upgrade the bonus level for consumers not just for sellers. Especially in Indonesia whose consumers consist of the majority of Muslims should be considered halal materials. Suggested by consultant and seller that if possible Oriflame should make a product which its price is cheap and can be consumed by student.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S2 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61048

Actions (login required)

View Item View Item