Analisis SWOT dalam menentukan strategi pertumbuhan produk aplikasi di profile Image Studio Kota Malang dalam menghadapi era ekonomi kreatif Indonesia / Amugya Indra G.A - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis SWOT dalam menentukan strategi pertumbuhan produk aplikasi di profile Image Studio Kota Malang dalam menghadapi era ekonomi kreatif Indonesia / Amugya Indra G.A

Indra G.A, Amugya (2017) Analisis SWOT dalam menentukan strategi pertumbuhan produk aplikasi di profile Image Studio Kota Malang dalam menghadapi era ekonomi kreatif Indonesia / Amugya Indra G.A. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Indra Amugya G. A. 2017. Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pertumbuhan Produk Aplikasi Di Profile Image Studio Kota Malang Dalam Menghadapi Era Ekonomi Kreatif di Indonesia. Tesis. Jurusan Manajemen. Pascasarjana. Univesitas Negeri Malang. Pembimbing 1 Prof. Dr. H. Budi Eko Soetjipto M. Ed M.Si. Pembimbing 2 Dr. Sutrisno M. M. Kata Kunci Analisis SWOT Strategi Pertumbuhan Software Aplikasi Ekonomi Kreatif Pada tahun 2014 Ekonomi Kreatif di Indonesia menjadi gelombang perekonomian keempat setelah industri. Khususnya produk aplikasi memiliki peluang untuk berkolaborasi dengan berbagai sub sektor di sisi lain juga memiliki pesaing dengan sesama pelaku usaha produk aplikasi sehingga perusahaan di sektor aplikasi memerlukan strategi untuk dapat bertahan hidup. Fokus dari penelitian ini adalah strategi pertumbuhan produk aplikasi dalam sebuah perusahaan dan menggunakan Analisis SWOT dalam menentukan strategi pertumbuhan. Strategi pertumbuhan terdiri dari empat jenis strategi yaitu Penetrasi Pengembangan Pasar Pengembangan Produk dan diversifikasi. Analisis SWOT digunakan untuk menganalisa kondisi internal dan eksternal perusahaan. Subyek pada penelitian ini adalah Profile Image Studio perusahaan dengan produk berbasis Aplikasi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subyek penelitian terdiri dari 7 orang yaitu 1 orang pemilik usaha Profile Image Studio 2 orang karyawan Profile Image Studio 1 orang distributor 1 orang konsumen 1 orang ketua komunitas Aplikasi Kota Malang dan 1 orang karyawan bagian Riset Pengembangan Komunitas Malang Creative Fusion. Untuk menganalisa kondisi lingkungan di dalam dan lingkungan diluar perusahaan menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan beberapa diantaranya 1) Strategi yang sudah digunakan adalah Pengembangan Produk dan diverisifikasi 2)Nilai IFAS 2 7 dan 3)Nilai EFAS 2 35. Posisi dari hasil nilai IFAS dan EFAS tersebut didapatkan diagram SWOT pada kuadran I yang berarti pada kuadran tersebut disarankan untuk melakukan strategi agresif. Hasil analisa SWOT mendukung strategi pertumbuhan pengembangan produk dan diversifikasi dengan menggunakan kekuatan yang dimiliki perusahaan untuk merebut peluang yang ada. Berbagai macam sub sektor (film fashion makanan musik animasi dan lain lain) di era Ekonomi kreatif menjadi peluang yang dapat dimanfaatkan dalam mengembangkan produk aplikasi. ABSTRACT Indra Amugya G. A. 2017. SWOT Analysis in Determining Growth Strategy of Application Products at Profile Image Studio Malang City Facing Creative Economy Era in Indonesia. Thesis Department of Management Postgraduate State University of Malang. Supervisors 1 Prof. Dr. H. Budi Eko Soetjipto M. Ed M.Si. 2 Dr. Sutrisno M. M. Keywords SWOT Analysis Growth Strategy Application Software Creative Economy In 2014 Creative Economy in Indonesia becomes the fourth economic wave after industry. Particularly for application products which have opportunity to collaborate with many sub-sectors while in other side it also has competitors from other business actors of application products thus companies in application sectors need strategy to maintain their existence. Focus in this research was growth strategy of application products in a company and using SWOT analysis in determining the growth strategy. The growth strategy itself consists of four strategy types Penetration Market Development Product Development and Diversification. SWOT analysis used to analyze internal and external condition of a company. Subject in this research was Profile Image Studio a company with product based application. The research type was qualitative descriptive. The research subject consisted of 7 people as follows 1 people of Profile Image Studio owner 2 people of Profile Image Studio employee 1 distributor 1 consumer 1 chief of Application Community of Malang City and 1 employee in the Department of Research and Development of Malang Creative Fusion Community. In order to analyze internal and external condition of the company it used SWOT analysis. The research result showed that 1) Strategy that been implemented was Product Development and Diversification 2) IFAS score was 2.7 and 3) EFAS score was 2.35. Position from the result of IFAS and EFAS score was plotted on SWOT diagram which obtained quadrant I as the result where it means that area in that quadrant suggested to be conducted by aggressive strategy. The result of SWOT analysis supported growth strategy of product development and diversification by using company s strengths to take the opportunity. Many sub-sectors (film fashion food music animation and so forth) in this Creative Economy era become opportunity that can be used in developing application products.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S2 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61043

Actions (login required)

View Item View Item