Juli, Petrus (2017) Social enterpreneurship sebagai media pemberdayaan pengrajin anyaman rotan menuju pasar ekspor (studi kasus pada UKM CV Mathan di Kota Samarinda Kalimantan Timur) / Petrus Juli. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Juli Petrus. 2016. Social Entrepreneurship Sebagai Media Pemberdayaan Pengrajin Anyaman Rotan Menuju Pasar Ekspor (Studi Kasus Pada CV MATHAN di Kota Samarinda Kalimantan Timur). Tesis. Program Studi Magister Manajemen. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. F. Danardana Murwani M.M. (II) Dr. I Wayan Jaman Adi Putra M.Si. Kata Kunci Social Entrepreneurship Pemberdayaan Dampak Sosial Kerajinan anyaman rotan merupakan usaha sektor informal berbasis kearifan lokal. Usaha ini ditekuni oleh mayoritas pengrajin perempuan suku Dayak yang menetap di wilayah pedalaman Kalimantan. Namun ada persoalan serius yang dihadapi usaha kerajinan anyaman rotan ini kedepan yakni ancaman kepunahan. Oleh karena itu upaya pelestarian mendesak untuk dilakukan dengan memberdayakan para pengrajin. Kegiatan pemberdayaan tersebut diharapkan membuat kerajinan ini akan terus lestari dan para pengrajin mendapat manfaat secara ekonomi dengan menekuni usaha kerajinan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauhmana proses pemberdayaan bagipara pengrajin anyaman rotan dengan pendekatan social entrepreneurship. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah gambaran umum CV MATHAN dan pemiliknya tentang social entrepreneurship dalam upaya pemberdayaan pengrajin anyaman rotan di pedalaman (2) Bagaimanakah social entrepreneurship di CV MATHAN melakukan kegiatan pemberdayaan berkelanjutan bagi pengrajin anyaman rotan di pedalaman (3) Bagaimanakah dampak pemberdayaan CV MATHAN bagi para pengrajin anyaman rotan Dalam penelitian ini peneliti adalah instrument kunci dan pengumpul data penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metodestudi kasus. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi wawancara mendalam dan dokumentasi. Pendalaman informasi dalam penelitian ini menggunakan tiga sumber (1) informan kunci terdiri atas pimpinan CV MATHAN dan Karyawan Pengrajin binaan konsumen pelaku UMKM Kepala Kantor Perwakilan Dagang Kaltim di Surabaya serta KetuaYayasan Bhakti Total Bagi Indonesia Lestari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat praktik social entrepreneurship di CV MATHAN berdasarkan empat elemen utama social entreprenership yakni Social Value Civil Society Innovation dan Economic Activity. Kegiatan pemberdayaan dilaksanakan dengan metode pembinaan dan pelatihan keterampilan secara gratis dan berkelanjutan. Social entrepreneurship sebagai media pemberdayaan para pengrajin membawa dampak positif bagi pelestarian budaya peningkatan kesejahteraan dan pelestarian lingkungan hidup. Kepada peneliti lain diharapkan dapat mengadakan penelitian lebih lanjut dengan mengambil wilayah penelitian yang lebih luas informan yang lebih banyak dan menggunakan rancangan penelitian yang lebih kompleks sehingga dapat ditemukan hasil yang lebih optimal dan bias digeneralisasikan pada wilayah yang lebih luas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S2 Manajemen |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61040 |
Actions (login required)
View Item |