Peningkatan keterampilan guru dalam membuat dan menggunakan media pembelajaran melalui manajemen pelatihan teknologi informasi dan komunikasi (penelitian tindakan sekolah di SDN Ngunut 02 Pacitan) / Galih Purnama

Purnama, Galih (2016) Peningkatan keterampilan guru dalam membuat dan menggunakan media pembelajaran melalui manajemen pelatihan teknologi informasi dan komunikasi (penelitian tindakan sekolah di SDN Ngunut 02 Pacitan) / Galih Purnama. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Purnama, Galih. 2016. Peningkatan Keterampilan Guru dalam Membuat dan Menggunakan Media Pembelajaran Melalui Manajemen Pelatihan Teknologi Informasi dan Komunikasi (Penelitian Tindakan Sekolah di SDN Ngunut 02 Pacitan). Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. H. A. Sonhadji K.H., M.A., Ph.D ; (II) Dr. H. A. Supriyanto, M.Pd, M.Si Kata kunci : media pembelajaran, pelatihan, teknologi informasi dan komunikasi Perkembangan teknologi mengakibatkan perubahanÔÇôperubahan di sekolah dalam proses belajar mengajar. Pembelajaran merupakan proses komunikasi yang melibatkan seseorang dalam upaya memperoleh pengetahuan, keterampilan dan nilai-nilai positif dengan memanfaatkan berbagai sumber untuk belajar. Pelatihan memberikan kesempatan kepada guru untuk mendapatkan pengetahuan, ketrampilan, dan sikap baru yang mengubah perilakunya, yang pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam membuat dan menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah dan dilaksanakan pada SD Negeri Ngunut 02 Kecamatan Bandar Kabupaten Pacitan dengan sasaran 6 orang guru. Metode yang dilakukan peneliti dalam penelitian ini adalah (1) tahap pendahuluan/survey awal, (2) tahap perencanaan, (3) tahap pelaksanaan tindakan, (4) tahap observasi dan (5) tahap refleksi. Analisis data dengan an?ílisis deskriptif yaitu dengan membandingkan keterampilan guru membuat dan menggunakan media pembelajaran sebelum diberikan tindakan dengan keterampilan guru membuat dan menggunakan media pembelajaran setelah diberi tindakan dengan menghitung nilai rata-rata dan persentase setiap tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru SD Negeri Ngunut 02 Pacitan dalam membuat dan menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi setelah diberi pelatihan mengalami peningkatan dari prasiklus, siklus I, dan siklus II. Keterampilan guru dalam membuat dan menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi pada prasiklus sebesar 0%, pada siklus I sebesar 32,22%, dan pada siklus II 48,88%. Ada peningkatan keterampilan guru dalam membuat dan menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi dari siklus I sampai siklus II sebesar 16,66% dan dari prasiklus sampai siklus II sebesar 48,88%. Dengan demikian pelatihan teknologi informasi dan komunikasi dapat meningkatkan keterampilan guru dalam membuat dan menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi di SD Negeri Ngunut 02 Kabupaten Pacitan. Saran dari penelitian ini adalah: (1) untuk kepala sekolah, supaya memprioritaskan dukungan program, sarana, motivasi yang mengarah pada kemampuan penguasaan teknologi informasi dan komunikasi guru. (2) untuk guru, agar meningkatkan kemampuan dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk dapat menunjang pekerjaan guru dalam pembelajaran sehingga dapat memperbaiki kualitas pembelajaran. (3) untuk peserta didik, harus ikut menjaga dan merawat sarana dan prasarana yang ada agar dapat difungsikan sebagaimana mestinya dan mengikuti perkembangan teknologi. (4) untuk Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan, secara berkelanjutan diharapkan mengadakan pelatihan keterampilan mengoperasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi kepada guru khususnya guru sekolah dasar untuk meningkatkan keterampilan guru. (5) untuk Direktorat Pendidikan SD Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, bantuan sarana Teknologi Informasi dan Komunikasi dapat mempercepat upaya peningkatan mutu pendidikan. (6) untuk peneliti berikutnya, diharapkan penelitian selanjutnya lebih ditujukan pada manajemen pelatihan untuk pengembangan media pembelajaran yang lebih lanjut dengan menggunakan program-program komputer yang mendukung penggunaan dan pembuatan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S2 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61034

Actions (login required)

View Item View Item