Pengaruh lingkungan kerja dan motivasi kerja terhadap kepuasan kerja karyawan (studi pada PT. Pos Indonesia (Persero) Malang) / Ferri Wicaksono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh lingkungan kerja dan motivasi kerja terhadap kepuasan kerja karyawan (studi pada PT. Pos Indonesia (Persero) Malang) / Ferri Wicaksono

Wicaksono, Ferri (2014) Pengaruh lingkungan kerja dan motivasi kerja terhadap kepuasan kerja karyawan (studi pada PT. Pos Indonesia (Persero) Malang) / Ferri Wicaksono. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wicaksono Ferri. 2014. Pengaruh Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan (Studi Pada PT. Pos Indonesia (Persero) Malang). Skripsi. Jurusan Manajemen Sumber Daya Manusia. Program Studi S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Wahju Wibowo A.Md S.E M.Si (II) Elfia Nora S.E. M.Si Kata Kunci Lingkungan Kerja Motivasi Kerja Kepuasan Kerja 12288 12288 12288 12288 Sumber daya manusia memiliki potensi bermanfaat bagi perusahaan bila dikelola dengan baik sehingga dapat memberikan konstribusi yang optimal dalam peningkatan produktifitas perusahaan. Namun juga dapat menjadi ancaman bagi kelangsungan hidup perusahaan bila tidak di kelola dengan baik karena tidak jarang akibat ketidakpuasan tersebut karyawan perusahaan mengadakan tindakan yang cenderung negatif. Penelitian ini diharapkan dapat menambah informasi yang berarti bagi perusahaan sebagai masukan dalam meningkatkan motivasi dan kepuasan kerja karyawan. 12288 12288 12288 12288 Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimanakah deskripsi lingkungan kerja motivasi kerja dan kepuasan kerja karyawan PT. Pos Indonesia (Persero) Malang (2) Apakah lingkungan kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan PT. Pos Indonesia (Persero) Malang (3) Apakah motivasi kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan PT. Pos Indonesia (Persero) Malang 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilaksanakan di PT. Pos Indonesia (Persero). Subyek dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Pos Indonesia (Persero) Malang yang berjumlah 205 orang sedangkan sampelnya diambil sebanyak 67 orang dengan tingkat kesalahan 10%. Pengambilan sampel penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Proportionate Random Sampling dengan rumus Slovin. Instrumen penelitian ini menggunakan item-item dari penelitian terdahulu yang telah teruji untuk uji validitas dan reliabilitas dilakukan untuk menguji validitas dan reliabilitas data yang diperoleh. Analisis data yang dipakai adalah analisis regresi linier berganda dalam menguji hipotesis yang kompleks dan berguna untuk menganalisis pengaruh langsung dan tidak langsung dari variabel-variabel bebas terhadap suatu variabel terikat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yaitu suatu proses menemukan pengetahuan dengan menggunakan data berupa angka sebagai alat menemukan keterangan mengenai apa yang ingin diketahui yaitu variabel bebas adalah lingkungan kerja (X1) dan motivasi kerja (X1) dan variabel terikat adalah kepuasan kerja (Y). 12288 12288 12288 12288 Hasil analisis menunjukkan bahwa kondisi lingkungan kerja masuk dalam kategori baik serta dalam memperlakukan karyawan dan jalinan kerja sama terjalin baik antar pimpinan maupun antar rekan kerja. Motivasi kerja karyawan PT. Pos Indonesian (Persero) Malang masuk dalam kategori yang sangat tinggi dalam melakukan setiap pekerjaannya dalam berprestasi dan selalu mengambil kesempatan yang diberikan perusahaan. Kepuasan kerja karyawan PT. Pos Indonesia (Persero) Malang masuk dalam kategori puas karyawan sudah merasa puas dengan beban pekerjaan yang ada serta gaji yang diberikan perusahaan. Hasil analisis didapat melalui penyebaran kuesioner menunjukkan bahwa (1) Lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan. (2) Motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan (1) Untuk mengurangi ketidakpuasan karyawan yang mungkin terjadi pada karyawan PT. Pos Indonesia (Persero) Malang sebaiknya manajemen memperhatikan dan mengantisipasi faktor-faktor yang bisa memicu timbulnya ketidakpuasan kerja karyawan seperti kurang terjalinnya kerja sama antar pemimpin dan sesama rekan kerja dan perbedaan persepsi yaitu dengan mengadakan saling sharing antar rekan kerja dan atasan jika ada suatu ketidaksinambungan antara pihak-pihak yang terkait. (2) Dalam meningkatkan motivasi karyawan manajemen perlu memberikan penghargaan atau pujian atas pekerjaan karyawan karyawan diikutkan atau dilibatkan atau ikut serta dalam memberikan saran untuk perusahaan diadakan kegiatan pelatihan untuk seluruh karyawan pimpinan memberika kesempatan kepada karyawan dalam mengembangkan keahlian karyawan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S2 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61025

Actions (login required)

View Item View Item