Pengaruh entrepreneurial motivation terhadap entrepreneurial intention di bidang digital melalui entrepreneurial self-efficacy pada siswa SMK bidang keahlian informasi dan teknologi se-kota Batu / Nasril Eduward

Eduward, Nasril (2019) Pengaruh entrepreneurial motivation terhadap entrepreneurial intention di bidang digital melalui entrepreneurial self-efficacy pada siswa SMK bidang keahlian informasi dan teknologi se-kota Batu / Nasril Eduward. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Eduward, Nasril. 2018. Pengaruh Entrepreneurial Motivation Terhadap Entrepreneurial Intention Di Bidang Digital Melalui Entrepreneurial Self- Efficacy Pada Siswa SMK Bidang Keahlian Informasi Dan Teknologi Se- Kota Batu. Tesis, Program Studi Bisnis dan Manajemen, Program Pasca Sarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika R.W.W. M.A. M.Si.; (II) Dr. Wening Patmi Rahayu, S.Pd. M.M Kata Kunci : Entrepreneurial Motivation, Entrepreneurial Intention, Entrepreneurial Self-Efficacy, Technopreneurship Digital technology adalah sebuah cara baru dalam berwirausaha, dimana pemanfaatan technology dalam mengejar peluang usaha dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas. Subjek penelitian ini adalah para siswa kelas XII SMK jurusan Informasi dan technology, dimana ketika mereka lulus nanti akan berkecimpung di dunia kerja maupun berwirausaha dibidangnya. Oleh karena itu, penelitian ini menganalisis entrepreneurial intention (EI) para siswa dengan memanfaatkan Theory of planned behaviour (TPB) sebagai dasar kerangka berfikir. Peran dari Entrepreneurial Motivatian (EM) dan Entrepreneurial Selfefficacy (ESE) menjadi fokus penelitian ini dalam mempengaruhi Entrepreneurial Intention (EI) di kalangan siswa Sekolah Menengah Kejuruan se-Kota Batu, Indonesia rumpun information and technology. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif korelasi, dan populasinya sejumlah 398 siswa yang berasal dari 5 program studi kelas XII, sampel yang digunakan sejumlah 307 siswa yang diambil secara acak proporsional. Pengumpulan data menggunakan instrumen yang diadaptasi dan dikembangkan oleh peneliti sebelumnya. Instrumen yang digunakan untuk mengukur Entrepreneurial Intention (EI), Entrepreneurial self-efficacy (ESE) dan Entrepreneurial Motivation (EM) nilai alpha Cronbach keseluruhan untuk instrumen ini berturut-turut mencapai 0,945; 0,893 dan 0,861. Yang berarti bahwa seluruh instrumen tersebut reliabel. Untuk hasil uji asumsi klasik (1) Hasil uji normalitas data dengan Probability Plot (2) hasil uji Heteroskedastisitas Glejser, nilai sig EM sebesar 0,333 dan nilai sig ESE sebesar 0,256. (3) hasil uji Linieritas, Berdasaran hasil uji linieritas diketahui nilai Sig. deviation from linierity variabel EM terhadap E; EM terhadap ESE dan ESE terhadap EI berturut-turut sebesar 0,25; 0,078 dan 0,392 (semuanaya > 0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang linier antara variabel EM terhadap EI; EM terhadap ESE,; dan ESE terhadap EI. Analisis jalur digunakan untuk menguji hubungan antar variabel. Adapun temuan penelitian mengungkapkan bahwa (1) Berdasarkan tingkat signifikansi pengaruh EM terhadap ESE memiliki nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05 dan Beta 0,656. Sehingga dapat disimpulkan bahwa EM berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap ESE siswa SMK se-Kota Batu jurusan IT. (2) Berdasarkan tingkat signifikansi pengaruh EM terhadap EI memiliki nilai sig. 0,000 < 0,05 dan Beta 0,753. Sehingga dapat disimpulkan bahwa EM berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap EI siswa SMK se-Kota Batu jurusan IT. (3) Berdasarkan tingkat signifikansi pengaruh EM terhadap EI memiliki nilai sig. 0,00 < 0,05 dan Beta 0,244. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ESE berpengaruh positif dan signifikan terhadap EI siswa SMK se-Kota Batu jurusan IT. (4) Berdasarkan tingkat signifikansi pengaruh variabel EM terhadap variabel EI melalui ESE memiliki nilai sig. 0,00 < 0,05 dan Beta 0,16. Sehingga dapat disimpulkan bahwa EM berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap EI melalui ESE. Berdasarkan hasil temuan dapat direkomendasikan bahwa hasil kajian ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi Pihak sekolah, Mulai dari Kepala Sekolah, Wakil kepala sekolah dan ketua Jurusan Multimedia, Broadcasting, Teknik Komputer Jaringan, Animasi dan Rekayasa Perangkat Lunak beserta guru pengampu mata pelajaran Produk Kreatif dan kewirausahaan Untuk Mendorong peningkatan EM merupakan langkah tepat untuk meningkatkan ESE dan EI siswa dengan cara lebih banyak memberikan pengalaman, praktek dan seminar pada siswa. Dan dengan adanya penelitian ini, diharapkan peneliti lain yang akan melakukan penelitian sejenis dimasa mendatang seyogyanya dapat memperkuat hasil penelitian yang berkaitan pada hubungan EM, ESE terhadap EI dengan menambah variabel lainnya dan bisa juga dengan melakukan penelitian secara kualitatif

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S2 Pendidikan Bisnis dan Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61021

Actions (login required)

View Item View Item