Pengaruh academic self-concept dan entrepreneurial self-efficacy terhadap entrepreneurial intention melalui entrepreneurial attitude siswa SMK Negeri 2 Tuban / Yeni Nur Diana

Diana, Yeni Nur (2019) Pengaruh academic self-concept dan entrepreneurial self-efficacy terhadap entrepreneurial intention melalui entrepreneurial attitude siswa SMK Negeri 2 Tuban / Yeni Nur Diana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

viii ABSTRAK Diana, Yeni Nur. 2019. Pengaruh Academic Self-Concept dan Entrepreneurial Self-Efficacy Terhadap Entrepreneurial Intention Melalui Entrepreneurial Attitude Siswa SMK Negeri 2 Tuban. Tesis, Program Studi Pendidikan Bisnis dan Manajemen, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. F. Danardana Murwani, M.M., (II) Dr. Ludi Wishnu Wardana, S.T., S.Pd., S.E., M.M. Kata Kunci: academic self-concept, entrepreneurial self-efficacy, entrepreneurial intention, entrepreneurial attitude Kewirausahaan sebagai salah satu tonggak perekonomian yang penting dalam era global. Kegiatan kewirausahaan sangat penting untuk transformasi ekonomi, stimulus pembangunan global dan generator kekayaaan pada tingkat individu, regional, nasional maupun internasional. Selain itu, salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan pengangguran dan lapangan pekerjaan yang semakin sempit. Academic self-concept merupakan suatu wawasan yang mendorong seseorang yang meraih sebuah prestasi atau meraih cita-cita yang diinginkan. Sehingga akan mendorongnya untuk melakukan hal yang positif seperti kegiatan berwirausaha untuk meningkatkan taraf hidup. Sedangkan entrepreneurial self-efficacy adalah keyakinan individu untuk mencapai kesuksesan dalam bidang kewirausahaan. Seseorang dapat dikatakan sebagai wirausaha ketika mereka telah memiliki entrepreneurial intention dan mampu menerapkan entrepreneurial attitude dengan menciptakan usaha baru. Penelitian yang dilakukan ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh academic self-concept dan entrepreneurial self-efficacy terhadap entrepreneurial intention melalui entrepreneurial attitude siswa SMK Negeri 2 Tuban. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian adalah siswa kelas XI dan XII di SMK Negeri 2 Tuban sejumlah 1251 siswa yang terdiri dari kelompok bisnis dan manajemen (administrasi, keuangan dan tata niaga) dan kelompok pariwisata (tata busana dan tata boga). Teknik pengambilan sampel secara proportionate stratified random sampling dengan hasil penghitungaan sampel sejumlah 297 siswa. Teknik analisis data menggunakan descriptive correlational. Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan path analysis yang bersumber dari analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) academic self-concept berpengaruh signifikan terhadap entrepreneurial attitude, (2) entrepreneurial self-efficacy berpengaruh signifikan terhadap entrepreneurial attitude, (3) academic self-concept tidak berpengaruh signifikan terhadap entrepreneurial intention, (4) entrepreneurial self-efficacy berpengaruh signifikan terhadap entrepreneurial intention, (5) entrepreneurial attitude berpengaruh signifikan terhadap entrepreneurial intention, (6) academic self-concept berpengaruh signifikan secara tidak langsung terhadap entrepreneurial intention melalui entrepreneurial attitude, (7) entrepreneurial self-efficacy berpengaruh signifikan secara tidak langsung terhadap entrepreneurial intention melalui entrepreneurial attitude. ix Berdasarkan pada temuan penelitian, maka disarankan agar: (1) kepala sekolah membuat kebijakan untuk meningkatkan aktivitas siswa untuk mendorong kemampuan dan keyakinan siswa dalam melaksanakan kegiatan kewirausahaan seperti pameran, acara kewirausahaan, seminar, konsultasi bisnis, praktik kerja industri dan lain-lain (2) guru mata pelajaran menambah kegiatan praktik kewirausahaan untuk meningkatkan kemampuan dan minat berwirausaha, selain itu guru sebaiknya menjalankan kegiatan kewirausahaan agar dapat menjadi contoh bagi siswanya, (3) siswa SMK Negeri 2 Tuban mampu meningkatkan daya ingat dan pemahamannya tentang materi prakarya dan kewirausahaan, memiliki wawasan tentang perbankan nantinya mudah dalam mendapatkan pinjaman modal dari bank dan menganggap penting kegiatan kewirausahaan dan menjadikan kewirausahaan menjadi target profesi setelah lulus sekolah, (4) bagi peneliti selanjutnya yang melakukan penelitian serupa dapat menggunakan indikator dan instrumen yang lebih lengkap agar memperkaya hasil penelitian mengenai entrepreneurial intention.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S2 Pendidikan Bisnis dan Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Feb 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61020

Actions (login required)

View Item View Item