Pengaruh pendidikan kewirausahaan dan need for achievement terhadap minat berwirausaha melalui sikap berwirausaha (studi pada siswa kelas XI dan XII SMK Negeri 1 Probolinggo) / Aji Dharma Ertanto

Ertanto, Aji Dharma (2019) Pengaruh pendidikan kewirausahaan dan need for achievement terhadap minat berwirausaha melalui sikap berwirausaha (studi pada siswa kelas XI dan XII SMK Negeri 1 Probolinggo) / Aji Dharma Ertanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Ertanto, Aji Dharma. 2018. Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Need for Achievement Terhadap Minat Berwirausaha Melalui Sikap Berwirausaha (Studi pada Siswa Kelas XI dan XII SMK Negeri 1 Probolinggo). Tesis, Program Studi Pendidikan Bisnis dan Manajemen, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Agus Hermawan, M.Si, Grad., Dip., MGT.,M.Bus. (2) Dr. Ludi Wishnu Wardana, ST, S.Pd, SE., MM. Kata Kunci : pendidikan kewirausahaan, need for achievement, sikap berwirausaha, minat berwirausaha Tantangan yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia saat ini adalah mengurangi angka pengangguran. Tingkat pengangguran terbuka untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memiliki angka yang tertinggi yaitu sebesar 11,41 persen. Untuk mengatasi hal tersebut menjadi wirausaha adalah solusi yang bisa ditawarkan. Pendidikan kewirausahaan menjadi sangat penting untuk diberikan pada jenjang SMK dan SMA sebagai pondasi untuk menanamkan minat berwirausaha. Selain itu untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan, meningkatkan keinginan untuk meraih sesuatu yang lebih dari biasanya juga merupakan kunci untuk membuat siswa semakin siap menjadi wirausaha. Sementara menjadi wirausaha yang baik juga harus memiliki sikap berwirausaha yang baik. Dengan hal tersebut maka minat berwirausaha juga akan semakin meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh langsung pendidikan kewirausahaan dan need for achievement terhadap minat berwirausaha dan secara tidak langsung melalui sikap berwirausaha. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelatif dan eksplanasi. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI dan XII SMKN 1 Probolinggo sebesar 965 siswa. Sampel penelitian ini adalah sebesar 274 siswa. Dalam menentukan analisis hipotesis digunakan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan berpengaruh postif dan signifikan terhadap minat berwirausaha, need for achievement berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha, sikap berwirausaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha, pendidikan berwirausaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap berwirausaha, need for achievement berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap berwirausaha, pendidikan kewirausahaan berpengaruh postif dan signifikan terhadap minat berwirausaha melalui sikap berwirausaha, need for achievement berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha melalui sikap berwirausaha. Berdasar hasil penelitian tersebut, disarankan kepada (1) pihak sekolah untuk meningkatkan kualitas pendidikan kewirausahaan di sekolah dan lebih memanfaatkan fasilitas business center sebagai wadah bagi para siswa untuk mengembangkan minat berwirausaha.; (2) pihak siswa untuk lebih bersemangat dalam berinovasi guna meningkatkan minat berwirausaha.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S2 Pendidikan Bisnis dan Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61019

Actions (login required)

View Item View Item