Pengaruh entrepreneurial personal motivation terhadap entrepreneurial intention melalui entrepreneurial attitude dan entreprenurial self-efficacy sebagai mediator / Eko Prasetyo

Prasetyo, Eko (2019) Pengaruh entrepreneurial personal motivation terhadap entrepreneurial intention melalui entrepreneurial attitude dan entreprenurial self-efficacy sebagai mediator / Eko Prasetyo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prasetyo, Eko. 2018. Pengaruh Entrepreneurial Personal Motivation terhadap Entrepreneurial Intention melalui Entrepreneurial Attitude dan Entrepreneurial Self-Efficacy sebagai Mediator. Tesis, Program Studi Bisnis dan Manajemen, Program Pasca Sarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. F. Danardana Murwani, M.M., (II) Dr. H. Suharto, M.Pd., M.M. Kata kunci:: entrepreneurial intention, entrepreneurial personal motivation, entrepreneurial attitude, entrepreneurial self-efficacy Penelitian ini bertujuan untuk menganalsis entrepreneurial intention para siswa dengan menggunakan theory of planned behavior (TPB) sebagai kerangka berpikir yang mendasarinya. Pengaruh entrepreneurial personal motivation terhadap entrepreneurial intention siswa merupakan fokus dalam kajian ini. Penelitian ini menempatkan entrepreneurial attitude dan entrepreneurial self-efficacy (ESE) sebagai mediator pada hubungan antara entrepreneurial personal motivation dan entrepreneurial intention. Analisis multiple mediator digunakan untuk mengungkap hubungan langsung dan tidak langsung antara entrepreneurial personal motivation terhadap entrepreneurial intention siswa. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa sekolah menengah kejuruan dengan usia 16 sd 20 tahun yang berasal dari SMK Negeri Tempursari Kabupaten Lumajang Provinsi Jawa Timur Indonesia. Teknik penentuan sampel dengan menggunakan proporsional random sampling. Ukuran sampel adalah 194 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket. Pengembangan instrument dilakukan dengan mengadaptasi instrument penelitian yang telah dikembangkan oleh peneliti sebelumnya. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa entrepreneurial personal motivation terhadap entrepreneurial intention siswa berpengaruh positif dan signifikan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa sebagian besar hipotesis dapat diterima. Entrepreneurial personal motivation berpengaruh terhadap self-efficacy dan entrepreneurial intention. Begitu juga sikap dan entrepreneurial self-efficacy juga berpengaruh terhadap entrepreneurial intention. Untuk meningkatkan entrepreneurial intention pada siswa, dapat dilakukan dengan meningkatkan dan membangun entrepreneurial attitude yang positif, entrepreneurial personal motivation yang kuat, meningkatkan ESE. Oleh karena itu, pembelajaran kewirausahaan hendaknya didesain untuk meningkatkan motivasi, sikap yang positif dan ESE. Salah satu cara terbaik yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan positive learning dalam pembelajaran kewirausahaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S2 Pendidikan Bisnis dan Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61018

Actions (login required)

View Item View Item