Pengembangan multimedia interaktif berbasis android sebagai laboratorium virtual pada mata pelajaran penataan produk di SMK Negeri 1 Jombang / Arief Budi Setiawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif berbasis android sebagai laboratorium virtual pada mata pelajaran penataan produk di SMK Negeri 1 Jombang / Arief Budi Setiawan

Setiawan, Arief Budi (2019) Pengembangan multimedia interaktif berbasis android sebagai laboratorium virtual pada mata pelajaran penataan produk di SMK Negeri 1 Jombang / Arief Budi Setiawan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setiawan Arief Budi . 2018. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android sebagai Laboratorium Virtual pada Mata Pelajaran Penataan Produk di SMK Negeri 1 Jombang. Tesis Program Studi S2 Pendidikan Bisnis dan Manajemen Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sudarmiatin M.Si. (II) Dr. Ludi Wishnu Wardana S.T. S.E. S.Pd. M.M. Kata Kunci Multimedia Interaktif Laboratorium Virtual Penataan Produk. Hasil analisis kebutuhan di SMK Negeri 1 Jombang menunjukkan bahwa untuk menunjang peningkatan kemampuan siswa agar sesuai dengan kebutuhan dunia kerja dibutuhkan sarana dan prasarana praktik yang sesuai dengan standar dunia usaha atau dunia industri penggunaan laboratorium sebagai tempat siswa melakukan praktikum yang sesuai dengan standar industri membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk memenuhinya baik dari segi gedung maupun alat dan bahan praktiknya jam pelajaran yang terbatas juga membuat siswa tidak bisa memanfaatkan waktu di laboratorium secara leluasa alat dan bahan praktik akan menjadi mudah rusak setalah dipakai oleh siswa dalam melaksanakan praktik selain itu waktu menunggu untuk teman-teman sejawat melaksanakan praktikum membuat siswa yang belum mendapat giliran akan merasa bosan dan kemudian melakukan kegiatan yang menggangu proses pembelajaran. Penggunaan laboratorium virtual sebagai solusi alternatif pembuatan laboratorium dalam bentuk digital diharapkan mampu menyelesaikan permasalah yang ada penggunaan smartphone berbasis android yang rata-rata dimiliki oleh siswa akan menjadi media pembelajaran yang menyenangkan sekaligus mampu membantu menyelesaikan kesenjangan antara kebutuhan siswa dengan kemampuan sekolah dalam menyiapkan laboratorium. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil tujuan untuk mengidentifikasi aspek kevalidan kepraktisan kemenarikan dan keefektifan media pembelajaran penelitian ini mengadopsi penelitian dan pengembangan 4-D model yang diadaptasi dari Thiagarajan dengan modifikasi pada langkah Disseminate yang terdiri atas Define (pendefinisian) Design (Pendesainan) Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Data yang dikumpulkan berupa data kualitatif dan data kuantitatif melalui instrumen angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknis analisis rata-rata. Data kuantitatif diperoleh melalui analisis rata-rata prosentase angket sesuai kategori validitas sedangkan data kulititatif diperoleh melalui komentar dan saran pakar. Hasil pengembangan produk termasuk dalam kriteria sangat layak dan dapat digunakan sebagai penunjang dalam proses pembelajaran mata pelajaran penataan produk di SMK. Dari hasil peniaian pakar multimedia interaktif berbasis android yang telah dilakukan diperoleh hasil kevalidan dengan persentase 91 86% kepraktisan 96 73% kemenarikan 97 67%. Sedangkan keefektifan didapat dari perbandingan hasil tes belajar dan KKM yangmenunjukkan hasil belajar 80 % siswa lebih besar dari KKM dengan persentase 93 91%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S2 Pendidikan Bisnis dan Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61015

Actions (login required)

View Item View Item