Implementasi pendidikan kewirausahaan di SMK Ash Sholihuddin Dampit / Mustova

Mustova (2018) Implementasi pendidikan kewirausahaan di SMK Ash Sholihuddin Dampit / Mustova. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK MUSTOVA. 2018. Implementasi Pendidikan Kewirausahaan di SMK Ash Sholihuddin Dampit. Tesis, Program Pascasarjana, Pendidikan Bisnis dan Manajemen, Universitas Negeri malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. H. Heri Pratikto, M.Si (2) Dr. H. Agung Winarno, M.M. Kata Kunci: Pendidikan Kewirausahaan, Kewirausahaan, SMK Tantangan abad 21, peserta didik harus memiliki pengetahuan dan keterampilan guna menghadapi permasalahan pengangguran dan persaingan lapangan kerja. Salah satu solusinya adalah dengan menerapkan pendidikan kewirausahaan di sekolah menengah kejuruan. SMK Ash Sholihuddin Dampit dipersiapkan untuk siap berkerja terjun ke lapangan sesuai dengan jurusannya, serta diberikan jiwa kewirausahaan untuk dapat membuka lapangan pekerjaan baru atau berwirausaha. Fokus Penelitian ini adalah implementasi pendidikan kewirausahaan di SMK Ash Sholihuddin dampit. Dimensi yang digali pada penelitian ini adalah Dasar kebijakan implementasi pendidikan kewirausahaan, Perencanaan pendidikan kewirausahaan, Pelaksanaan pendidikan kewirausahaan, Evaluasi pendidikan kewirausahaan dan efektivitas implementasi pendidikan kewirausahaan. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan desain studi kasus. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumen penelitian. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan tirangulasi sumber data dan triangulasi metode yang dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subyek penelitian terdiri dari Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Guru Kewirausahaan dan Peserta Didik. Hasil penelitian menunjukkan penyusunan program pendidikan kewirausahaan dilakukan dengan dasar perencanaan analisis lingkungan sekolah dan kebutuhan peserta didik serta analisis materi kewirausahaan yang dimusyawarahkan antara ketua yayasan, komite sekolah, kepala sekolah dan dewan guru. Pelaksanaan program pendidikan kewirausahaan di SMK Ash Sholihuddin Dampit melalui pembelajaran terpadu melalui semua mata pelajaran, kegiatan organisasi, kegiatan ekstrakulikuler, kunjungan industri serta pelatihan kerja dan berwirausaha. Nilai-nilai pendidikan kewirausahaan yang di prioritaskan untuk dikembangkan adalah jujur, mandiri, kedisiplinan, kreatif, berjiwa kepemimpinan dan pantang menyerah. Proses evaluasi pendidikan kewirausahaan dilakukan rutin (secara berkala) pada saat awal, tengah dan akhir semester, yang bertujuan untuk mengukur pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki oleh peserta didik dan efektivitas dari pelaksanaan program pendidikan kewirausahaan. Bentuk evaluasi berupa soal dan laporan praktik kewirausahaan yang sudah dilakukan. Efektivitas dalam penelitian ini adalah ketercapaian tujuan pendidikan kewirausahaan di SMK Ash Sholihuddin Dampit, yang ditunjukkan dengan peserta didik yang sudah mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan kewirausahaan baik disekolah maupun diluar lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S2 Pendidikan Bisnis dan Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61012

Actions (login required)

View Item View Item