Penerapan model pembelajaran think pair share dan quiz quiz trade untuk meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS (studi pada kelas IXD di MTs Negeri 2 Mojokerto) / Sulatin - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran think pair share dan quiz quiz trade untuk meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS (studi pada kelas IXD di MTs Negeri 2 Mojokerto) / Sulatin

Sulatin (2018) Penerapan model pembelajaran think pair share dan quiz quiz trade untuk meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS (studi pada kelas IXD di MTs Negeri 2 Mojokerto) / Sulatin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ii ABSTRAK Sulatin. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Dan Quiz-Quiz Trade Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS.Tesis. Program Studi S2 Pendidikan Bisnis dan Manajemen Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika. R.W.W. M.A. M.Si. (II) Dr. Ludi Wishnu Wardana S.T. S.E. S.Pd. M.M. . Kata Kunci Model Pembelajaran Think Pair Share Model Pembelajaran Quiz- Quiz Trade Keterampilan Sosial Siswa Hasil Belajar Siswa. Berdasarkan hasil wawancara awal pada tanggal 23 Agustus 2017 ditemukan beberapa permasalahan dalam pembelajaran di kelas IXD MTsN 2 Mojokerto yaitu Pertama keterampilan sosial siswa yang rendah ditunjukkan dari kurangnya kerjasama siswa dalam pembelajaran belum terbiasa saling membantu dalam menyelesaikan permasalahan masih malu untuk mengungkapkan pendapat atau bertanya tentang hal yang tidak dimengerti masih individualis dan kurang membaur antara yang berkemampuan baik pembelajaran didominasi guru. Kedua rendahnya hasil ulangan harian mata pelajaran IPS yang diketahui hanya 12 siswa mencapai KKM dan belum mencapai KKM sebanyak 24 siswa. Ketiga guru hanya menggunakan metode pembelajaran konvensional sehingga siswa mudah bosan dan siswa kurang fokus terhadap pembelajaran. Oleh karena itu peneliti memiliki alternatif model pembelajaran yang dapat diterapkan guru yaitu kolaborasi pembelajaran kooperatif model pembelajaran Think Pair Share dan Quiz Quiz Trade sebagai solusi permasalahan untuk meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan 4 kali pertemuan pada setiap siklus. Pada setiap siklus ada 4 tahapan yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan observasi dan refleksi dari pelaksanaan. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX D yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan di MTsN 2 Mojokerto tahun pelajaran 2017/2018 pada mata pelajaran IPS. Data yang dikumpulkan adalah aktifitas guru dalam pembelajaran keterampilan sosial siswa dan hasil belajar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah test dan observasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share dan Quiz Quiz Trade dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa dan hasil belajar siswa kelas XID MTsN 2 Mojokerto pada mata pelajaran IPS ditunjukkan oleh terjadinya peningkatan pada persentase aktivitas guru sebesar 8 31% dari perbandingan siklus I 80 17% dan siklus II 88 48%. Jika melihat ratarata persentase keterampilan sosial siswa juga mengalami peningkatan ketika diterapkan model pembelajaran kolaborasi Think Pair Share dan Quiz Quiz Trade yaitu sebesar 24 96% dari perbandingan penerapan siklus I 61 41% dan siklus II 86 37%. Sedangkan untuk hasil belajar siswa diketahui mengalami ratarata peningkatan sebesar 34 28% dari perbandingan siklus I 60% atau 21 siswa yang tuntas dan siklus II 94 28% atau 33 siswa yang mencapai nilai diatas KKM. iii Peneliti menyarankan guru mata pelajaran IPS untuk menggunakan model pembelajaran tersebut sebagai variasi dalam melaksanakan pengajaran sedangkan bagi peneliti yang akan datang disarankan dapat memodifikasi dan mengembangkan model pembelajaran Think Pair Share dan Quiz Quiz Trade agar pembelajaran yang dilakukan dapat lebih menarik untuk dipelajari.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S2 Pendidikan Bisnis dan Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61011

Actions (login required)

View Item View Item