Pengaruh Entrepreneurship Education Dan Personality Traits Terhadap Entrepreneurial Intentions Melalui Entrepreneurial Self-Efficacy Pada Siswa Smk Kelas Xii Jurusan Bisnis Dan Manajemen Di Kabupaten Mojokerto / Rosiana Yudha Trisna - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Entrepreneurship Education Dan Personality Traits Terhadap Entrepreneurial Intentions Melalui Entrepreneurial Self-Efficacy Pada Siswa Smk Kelas Xii Jurusan Bisnis Dan Manajemen Di Kabupaten Mojokerto / Rosiana Yudha Trisna

Trisna, Rosiana Yudha (2018) Pengaruh Entrepreneurship Education Dan Personality Traits Terhadap Entrepreneurial Intentions Melalui Entrepreneurial Self-Efficacy Pada Siswa Smk Kelas Xii Jurusan Bisnis Dan Manajemen Di Kabupaten Mojokerto / Rosiana Yudha Trisna. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Trisna Rosiana Yudha. 2018. Pengaruh Entrepreneurship Education Dan Personality Traits Terhadap Entrepreneurial Intentions Melalui Entrepreneurial Self-Efficacy Pada Siswa Smk Kelas Xii Jurusan Bisnis Dan Manajemen Di Kabupaten MojokertoTesis Jurusan S2 Pendidikan Bisnis dan Manajemen Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. F. Danardana Murwani M.M (2) Dr. Aniek Indrawati S.Si. M.M Kata Kunci Entrepreneurship Education Personality Traits Entrepreneurial Self-Efficacy Entrepreneurial Intentions. Kegiatan kewirausahaan sangat ditentukan oleh keyakinan individu itu sendiri seseorang tidak akan menjadi pengusaha secara tiba-tiba tanpa pemicu tertentu.Cara untuk menumbuhkan kesadaran berwirausaha diantaranya adalah dengan mengembangkan niat berwirausaha. Niat tidak dibawa sejak lahir tetapi niat tumbuh dan berkembang sesuai dengan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Faktor faktor tersebut adalah Entrepreneurship Education Personality Traits danEntrepreneurial Self-Efficacy.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung maupun tidak langsung antara Entrepreneurship Education Personality Traits dan Entrepreneurial Self-Efficacy terhadap Entrepreneurial Intentions pada siswa SMK kelas XII jurusan Bisnis dan Manajemen di Kabupaten Mojokerto. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dan eksplanasi. karena bertujuan untuk mengetahui pengaruh keadaan masing-masing variabel.Sampel dalam penelitian berdasarkan proportionate stratified random sampling sebanyak 205 pada siswa SMK kelas XII Jurusan Bisnis dan Manajemen di Kabupaten Mojokerto. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner yang digunakan untuk mengetahui tentang karakteristik responden seperti jenis kelamin jurusan usia latar belakang keluarga memiliki usaha pekerjaan orang tua pengalaman berwirausaha bidang berwirwusaha dan pilihan karir. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analsis statsitk deskriptif dan uji asumsi klasik (path analysis). Hasil analisis deskriptif karakteristik responden berdasarkan gender atau jenis kelamin pada peserta didik didominasi oleh perempuan sebanyak 203 siswi dengan persentase sebesar 99%. Berdasarkan jurusan responden didominasi oleh jurusan Administrasi Perkantoran sebanyak 84 responden dengan persentase sebesar 41%. Berdasarkan usia didominasi usia 18 tahun sebanyak 111 responden dengan persentase sebesar 54%. Berdasarkan latar belakangkeluarga yang memiliki usaha terdapat 64 responden dengan pesentase 69%. Berdasarkan pekerjaan Ayah dengan jenis pekerjaan wirausaha memiliki nilai persentase yang lebih dominan sebesar 26% yakni sebanyak 53 responden. Sedangkan pekerjaan Ibu dengan jenis pekerjaan Ibu Rumah Tangga memiliki nilai persentase yang lebih dominan sebesar 72% yakni sebanyak 147 responden. Berdasarkan pengalaman berwirausaha sebanyak 115 responden dengan persentase sebesar 56%. Berdasarkan bidang dalam pengalaman berwirausaha yang memiliki bidang dalam online shop memiliki nilai sebesar 19% yakni sebanyak 38 responden dan 18% bidang kuliner. Berdasarkan pilihan karir sebanyak 62% dengan sebanyak 126 responden memilih untuk berwirausaha sebagai pilihan karir.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkanbahwa entrepreneurship education berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap entrepreneurial self-efficacy.Personality traits berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap entrepreneurial self-efficacy.Entrepreneurship education berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap entrepreneurial intentions.Personality traits tidak berpengaruh secara positif dan tidak signifikan terhadap entrepreneurial intentions. Entrepreneurial self-efficacy berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap entrepreneurial intentions.entrepreneurship education berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap entrepreneurial self-efficacy melalui entrepreneurial self-efficacy. Personality traits berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap entrepreneurial intentions melalui entrepreneurial self-efficacy. Berdasarkan hasil penelitian terdapat beberapa saran yang dapat diberikan kepada pihak-pihak yang berkaitan sebagai berikut 1)Bagi pihak pimpinan beserta jajarannya SMKN 1 Sooko dan SMK PGRI Sooko Jurusan Bisnis dan Manajemen di Mojokerto perlu adanya dukungan berupa pelatihan seminar maupun workshop tentang kewiraushaan oleh tenaga pendidik serta program kegiatan akademik seperti entrepreneurial event dan pameran yang wajib diikuti oleh siswa untuk melatih dan menambah wawasan dalam peningkatan entrepreneurship. 2) Bagi siswa SMK Jurusan Bisnis dan Manjemen di Mojokerto perlu adanya peningkatan pada personality traits hal yang perlu ditingkatkan adalah yang pertama mengenai pentingnya locus of control dengan mengadakan program wajib yang harus diikuti siswa untuk melatih kepercayaan diri ketekunan dan pantang menyerah. Yang kedua Need for achievment dengan pelatihan kewiraushaan. yang ketiga risk taking dengan mengikuti entrepreneurial event dapat mencoba hal baru serta berani mengambil resiko. Yang keempat entrepreneurial alertness dengan mengikuti serta mempelajari program yang telah dijalankan maka siswa dituntut untuk berifikir inovatif dan kreatif dalam pengembangan diri maka sehingga pembentukan personality yang baik dapat dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari serta digunakan dalam menjalankan atau mengemabangkan bisnis. entrepreneurial self-efficacy dalam peningkatan itensi kewirausahaan dengan adanya dukungan dari orang tua atau family background hal ini didikung dengan latar belakang usaha dan pekerjaan orang tua pada siswa telah memberikan kontribusi yang sangat besar dalam pembelajarn pertama dalam keluarga. 3) Bagi peneliti lainperlu adanya penelitian lebih lanjut perlu adanya menambahkan variabel lain seperti family background serta memperluas subyek penelitian tidak terbatas pada siswa SMK melainkan SMA yang menempuh mata pelajaran kewirausahaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S2 Pendidikan Bisnis dan Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61009

Actions (login required)

View Item View Item