Subyantoro, Heri (2018) "Peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar siswa melalui penerapan kombinasi Think Pair Share (TPS) dengan fan n pick"... (Studi pada siswa kelas XII Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Jetis Kab. Mojokerto pada mata pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan). Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Subyantoro Heri. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan Fan n Pick untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan (Studi pada Siswa Kelas XII TKR SMKN 1 Jetis Mojokerto). Tesis Jurusan Pendidikan Bisnis Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. F.Danardana Murwani M.M. Pembimbing (II) Dr. Aniek Indrawati S Si. M.M Kata Kunci Think-Pair-Share Fan N Pick Motivasi Prestasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan metode pembelajaran FAN N PICK pada mata pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan SMKN 1 Jetis Kab. Mojokerto. Berdasarkan tujuan penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan desain Sub-Bab didalam pembelajaran dibagikan ke masing-masing kelompok jumlah kelompok terdiri dari empat siswa satu kelompok belajar mendapat satu topik Bab pembelajaran. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa SMKN 1 Jetis kelas XII TKR dengan jumlah siswa sebanyak 32 siswa. Di setiap tatap muka pembelajaran kita tampilkan satu kelompok untuk maju presentasi didepan. Sedang kelompok yang lain memberi tanggapan pertanyaan dan saling mengisi sesuai dengan metode think-pair-share berpikir - berpasangan - berbagi. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah data hasil belajar siswa ( baik pretest maupun posttest) yang diujikan. Pada pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran Think-Pair- Share dengan Fan N Pick rata-rata persentase skor keterlaksanaan model pembelajaran Think-Pair-Share dengan Fan N Pick pada siklus I sebesar 74 25 % dan pada siklus II sebesar 85 %. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan sebesar 10 5 % sehingga penerapan model pembelajaran Think-Pair-Share dengan Fan N Pick dapat dinyatakan berhasil dengan baik. Analisis data hasil belajar postest siklus I dan siklus II menunjukkan nilai rata-rata 77 1 dan 9 3 2 5 sedangkan rata-ratanya yaitu sebesar 85 yang sudah di atas KKM yang ditetapkan yaitu 75 sehingga dapat disimpulkan bahwa metode ini efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dilihat dari segi nilai hasil postest. Pada siklus II tindakan yang pada siklus I belum muncul di siklus II sudah muncul dan mendapat skor rata-rata 90 20 % sehingga terjadi peningkatan motivasi belajar siswa sebesar 11 54% hal ini termasuk ke dalam kriteria tinggi dimana pada siklus I skor rata-rata yang didapat sebesar 78 66%. Hal ini dikarenakan pemberian motivasi dan ketegasan peneliti dalam membimbing siswa pada saat diskusi kelompok maupun pada saat presentasi ke depan kelas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S2 Pendidikan Bisnis dan Manajemen |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Jun 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61008 |
Actions (login required)
View Item |