Penerapan kolaborasi pembelajaran kooperatif model mix pair share dan fan n pick untuk meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS (studi pada siswa kelas VII A MTsN 2 Mojokerto) Enik Susilowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan kolaborasi pembelajaran kooperatif model mix pair share dan fan n pick untuk meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS (studi pada siswa kelas VII A MTsN 2 Mojokerto) Enik Susilowati

Susilowati, Enik (2018) Penerapan kolaborasi pembelajaran kooperatif model mix pair share dan fan n pick untuk meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS (studi pada siswa kelas VII A MTsN 2 Mojokerto) Enik Susilowati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Susilowati Enik. 2018. Penerapan Kolaborasi Pembelajaran Kooperatif Model Mix Pair Share dan Fan N Pick Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS.Tesis. Program Studi S2 Pendidikan Bisnis dan Manajemen Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. F. Danardana Murwani M.M. (II) Dr. Ludi Wishnu Wardana S.T. S.E. S.Pd. M.M. Kata Kunci Model Pembelajaran Mix Pair Share Model Pembelajaran Fan N Pick Keterampilan Sosial Siswa Hasil Belajar Siswa. Berdasarkan hasil wawancara awal pada tanggal 15 Desember 2017diketahui bahwa pembelajaran yang diterapkan di MTsN 2 Mojoketo pada mata Pelajaran IPS kelas VII A terdapat beberapa kendala di dalam proses belajar mengajar yaitu Keterampilan sosial siswa di MTsN 2 Mojokerto sangat rendah dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MTsN 2 Mojokerto sangat rendah. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata keterampilan sosial siswa sebelum diterapkan model pembelajaran kolaborasi Mix Pair Share dan Fan N Pick yaitu sebesar 41 75%. dan ulangan akhir semester ganjil rata-rata sebesar 40 63% atau hanya 13 dari 32 siswa yang memperoleh hasil belajar diatas KKM. Kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang disebabkan karena model dan metode yang diterapkan oleh guru kepada siswa belum tepat oleh sebab itu guru harus memilih model dan metode yang bisa meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kolaborasi mix pair share dan fan n pick. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus tiap siklus dilaksanakan 4 kali pertemuan. Tahap-tahap Penelitian Tindakan Kelas terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi hasil tindakan. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII A semester 2 MTs Negeri 2 Mojokerto pada tahun pelajaran 2017/2018 pada mata pelajaran IPS dengan jumlah siswa 32 orang yang terdiri dari 16 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki. Data yang diambil dalam penelitian ini yaitu data aktivitas guru mengajar aktivitas siswa keterampilan sosial siswa serta hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data melalui tes dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penerapan Kolaborasi pembelajaran Mix Pair Share dan Fan N Pick pada siklus I diperoleh hasil keterampilan sosial siswa 66 05% dan hasil ketuntasan belajar siswa rata-rata sebesar 78 13% atau sebanyak 25 siswa yang telah tuntas memenuhi KKM. Meskipun penerapan siklus I sudah mengalami peningkatan dari segi ketrampilan sosial dan hasil belajar tetapi masih terdapat beberapa kendala dalam proses penerapannya oleh karena itu untuk memaksimalkan penerapan serta mengatasi kendala yang ada maka diadakan penerapan siklus II. Sehingga pada penerapan siklus II diperoleh rata-rata keterampilan sosial sebesar 80 12% dan rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa pada penerapan kolaborasi pembelajaran Mix Pair Share dan Fan N Pick adalah 93 75 % dengan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 30 siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S2 Pendidikan Bisnis dan Manajemen
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61007

Actions (login required)

View Item View Item