Pengaruh model Logan Avenue Problem Solving (LAPS) - Heuristic terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa / Danny Ajar Baskoro

Baskoro, Danny Ajar (2018) Pengaruh model Logan Avenue Problem Solving (LAPS) - Heuristic terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa / Danny Ajar Baskoro. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Baskoro, Danny Ajar. 2018. Pengaruh Model Logan Avenue Problem Solving (LAPS) - Heuristic Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Tesis, Program Studi Pendidikan Bisnis dan Manajemen, Pascasarjana., Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed., M.Si (II) Dr. Ludi Wishnu Wardana, S.T., S.Pd., S.E., M.M. Kata Kunci: Logan Avenue Problem Solving (LAPS) ÔÇô Heuristic, kemampuan berpikir kritis Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Logan Avenue Problem Solving (LAPS) ÔÇô Heuristic terhadap kemampuan berfikir kritis Mahasiswa Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran, yang menempuh MK Evaluasi Pendidikan ADP, materi Menyusun Kisi-Kisi Penilaian dan materi Mengkontruksi Tes Hasil Belajar.. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Quasi-Experimental Designs. Populasi dari penelitian ini adalah Mahasiswa Prodi ADP tahun akademik 2015/2016. Metode pemilihan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling dan diperoleh offering BB sebanyak 35 Mahasiswa sebagai kelas eksperimen yang akan belajar dengan Logan Avenue Problem Solving (LAPS) ÔÇô Heuristic dan offering B sebanyak 35 Mahasiswa sebagai kelas kontrol akan belajar dengan pembelajaran model ceramah. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa RPS , lembar keterlaksanaan pembelajaran, dan soal post-test yang berupa dua belas soal uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan kemampuan berpikir kritis Mahasiswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Data analisis uji hipotesis menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis Mahasiswa dengan menggunakan Logan Avenue Problem Solving (LAPS) ÔÇô Heuristic lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan berpikir kritis Mahasiswa dengan menggunakan ceramah. Kelebihan Logan Avenue Problem Solving (LAPS) ÔÇô Heuristic adalah Mahasiswa telah terbiasa terpapar dengan masalah dan menganalisis masalah sehingga efektif melatih kemampuan berpikir kritis Mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS) ÔÇô Heuristic memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi perkantoran pada mata kuliah Evaluasi Pendidikan ADP materi Menyusun Kisi-Kisi Penilaian dan materi Mengkontruksi Tes Hasil Belajar. Hal ini ditunjukkan oleh hasil post-test kemampuan berpikir kritis Mahasiswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S2 Pendidikan Bisnis dan Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61006

Actions (login required)

View Item View Item