Penerapan Model Pembelajaran Inside Outside Circle dan Quiz-Quiz Trade Pada Mata Diklat Kewirausahaan untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Siswa Kelas X jasa Boga SMK PGRI Sooko Mojokerto / Siska Andriana

Andriana, Siska (2018) Penerapan Model Pembelajaran Inside Outside Circle dan Quiz-Quiz Trade Pada Mata Diklat Kewirausahaan untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Siswa Kelas X jasa Boga SMK PGRI Sooko Mojokerto / Siska Andriana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Andriana, Siska. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Inside Outside Circle dan Quiz-Quiz Trade Pada Mata Diklat Kewirausahaan untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Siswa Kelas X jasa Boga SMK PGRI Sooko Mojokerto,Tesis. Jurusan Pendidikan Bisnis dan Manajemen, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Agus Hermawan,GradDipMgt, M.Si, M.Bus (II) Dr. Wening Patmi Rahayu, S.Pd, M.M Keyword: Inside Outside Circle, Quiz-Quiz Trade, motivasi belajar, dan hasil belajar siswa. Berdasarkan observasi, hasil diskusi dengan guru, dan wawancara dengan siswa mendapatkan kesimpulan bahwa pembelajaran yang diterapkan di SMK PGRI Sooko Mojokerto masih banyak menggunakan model konvensional dengan metode ceramah, penugasan, dan tanya jawab. Khusus penelitian ini dilaksanakan pada mata diklat kewirausahaan. Ada beberapa masalah mendasar yang terjadi selama berlangsungnya proses pembelajaran, yaitu 1) Siswa masih kurang aktif di kelas, 2) siswa datang kesekolahan untuk mendengarkan penjelasan kemudian mengerjakan tugas dirumah, 3) guru mata pelajaran belum pernah menggunakan model kooperatif, selama ini hanya menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan penugasan. Berdasarkan data nilai ulangan harian ketuntasan klasikal sebesar 54,69% setara dengan 17 dari 32 siswa yang dinyatakan tuntas dengan nilai ≥ 75,00. Hal ini menjadi latar belakang penulis untuk meneliti penerapan kolaborasi model pembelajaran Inside Outside Circle dan Quiz-Quiz Trade untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan penerapan model pembelajaran Inside Outside Circle dan Quiz-Quiz Trade yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 4 kali pertemuan di setiap siklusnya. Dalam 1 siklus model pembelajaran Inside Outside Circle dan Quiz-Quiz Trade digunakan bergantian pada tiap pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X paket keahlian Jasa Boga yang berjumlah 32 siswa. Peneliti dibantu tiga orang observer untuk mengamati keterlaksanaan model pembelajaran yang diterapkan dan memberikan masukan kepada peneliti untuk perbaikan pelaksanaan model pembelajaran. Selanjutnya teknik pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi, tertulis, angket motivasi belajar, lembar catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dengan perincian :1) keterlaksanaan model oleh guru diakhir tindakan untuk model Inside Outside Circle mencapai 88,89% dan model Quiz-Quiz Trade sebesar 94,44% , sedangkan keterlaksanaan model oleh siswa untuk model Inside Outside Circle mencapai 90,67% dan model Quiz-Quiz Trade sebesar 93,33%. 2) Motivasi belajar siswa meningkat 7,01% dari 78,86% di siklus 1 menjadi 85,87% di siklus 2. 3) Hasil belajar siswa meningkat dari nilai rata-rata 77,33 di siklus 1 menjadi 84,65 di ii siklus 2, dan ketuntasan klasikal juga meningkat dari 83,33 % di siklus 1 menjadi 93,33% di siklus 2. 4) Kendala dalam pelaksanaan model, terutama terjadi di awal tindakan, setelah melalui refleksi, kendala bisa diminimalkan dan model dapat terlaksana dengan sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian sudah memenuhi semua kriteria keberhasilan tindakan dimana model pembelajaran Inside Outside Circle dan Quiz-Quiz Trade dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X Jasa Boga SMK PGRI Sooko Mojokerto pada mata diklat kewirausahaan. Bagi guru mata diklat kewirausahaan serta mata pelajaran yang lain, disarankan menggunakan model pembelajaran tersebut sebagai variasi dalam mengajar, sedangkan bagi peneliti selanjutnya disarankan dapat lebih mengembangkan model pembelajaran Inside Outside Circle dan Quiz-Quiz Trade.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S2 Pendidikan Bisnis dan Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61005

Actions (login required)

View Item View Item