Yudianto (2018) Penerapan model pembelajaran fan n pick dan pairs compare untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada pelajaran ekonomi: studi pada siswa kelas X IPA MAN Mojosari di Kabupaten Mojokerto / Yudianto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Yudianto. 2018. Penerapan Kolaborasi Pembelajaran Kooperatif Model Fan and Pick dan Pairs Compare untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi. Tesis Jurusan Pendidikan Bisnis dan Manajemen Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Budi Eko Soetjipto M.Ed. M.Si. (II) Dr. H. Ludi Wishnu Wardana S.T. S.Pd. M.M. Kata kunci kolaborasi pembelajaran kooperatif Fan n Pick dan Pairs Compare motivasi dan hasil belajar Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran ekonomi diperoleh informasi bahwa motivasi dan hasil belajar siswa kelas X jurusan IPA belum optimal. Peneliti memiliki alternatif model pembelajaran yang dapat diterapkan guru yaitu kolaborasi pembelajaran kooperatif model Fan n Pick dan Pairs Compare dengan harapan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan kolaborasi pembelajaran kooperatif model Fan n Pick dan Pairs Compare peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa setelah penerapan kolaborasi pembelajaran kooperatif model Fan n Pick dan Pairs Compare dan kendala-kendala yang terjadi dan solusi pemecahan dalam penerapan kolaborasi model pembelajaran tersebut pada siswa kelas X jurusan IPA. Setiap siklus dalam penelitian ini terdiri dari tahap perencanaan tahap pelaksanaan tahap pengamatan dan tahap refleksi. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan kolaborasi pembelajaran kooperatif model Fan n Pick dan Pairs Compare dapat dilaksanakan dengan baik sesuai dengan RPP. Model pembelajaran tersebut dapat meningkatkan motiasi belajar siswa sebesar 6 58% pada siklus I dengan rata-rata persentase keberhasilan sebesar 79 06% dan pada siklus II sebesar 85 64%. Model pembelajaran tersebut meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 19 44% pada siklus I dengan rata-rata persentase keberhasilan sebesar 70 83% dan pada siklus II sebesar 90 27%. Guru mata pelajaran ekonomi hendaknya terus berusaha untuk meningkatkan kemampuannya dalam mengembangkan materi menyampaikan materi serta mengelola kelas terutama dalam pembelajaran model kooperatif. Sehingga kualitas pembelajaran yang dilaksanakan dapat terus meningkat seiring dengan peningkatan kemampuan yang dimilikinya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S2 Pendidikan Bisnis dan Manajemen |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 May 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61002 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |