Cholifah, Nur (2016) Pengembangan buku elektronik mata pelajatran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas VII semester II Di MTs Wahid Hasyim 02 Dau Malang / Nur Cholifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Cholifah Nur. 2016. Pengembangan Buku Elektronik Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VII Semester II Di MTs Wahid Hasyim 02 Dau Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sulton M.Pd (II) Yerry Soepriyanto S.T M.T. Kata Kunci Media Buku Elektronik Ilmu Pengetahuan Sosial Media pembelajaran adalah sesuatu (bisa alat bisa bahan bisa keadaan) yang dipergunakan sebagai perantara komunikasi dalam kegiatan pembelajaran. Peranan media sangatlah penting untuk mendukung proses belajar-mengajar. Salah satu media interaktif yang mendukung pembelajaran di dalam kelas adalah buku elektronik atau e-book. E-book merupakan buku elektronik yang bisa dibuka melalui PC (Personal Computer) atau laptop. Buku Elektronik juga berkembang dengan seiring berkembangnya teknologi tidak hanya terdapat teks dan gambar melainkan terdapat audio animasi dan video yang mendukung materi yang terdapat di dalam e-book tersebut. E-book interaktif yang dibuat untuk menambah pengetahuan siswa tentang mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yang dikembangkan dapat dioperasikan langsung oleh siswa sehingga pembelajaran lebih menyenangkan dan interaktif. Tujuan dari pengembangan ini untuk menghasilkan suatu produk berupa bahan ajar buku elektronik atau e-book interaktif dan untuk mengetahui tingkat validitas media buku elektronik untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini menggunakan model pengembangan William W. Lee dan Diana L. Owens. Subjek penelitian dalam pengembangan ini adalah siswa MTs Wahid Hasyim 02 Dau Malang. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif (instrumen ahli media instrumen ahli materi dan siswa/audiens) dan data kualitatif untuk wawancara dan observasi. Berdasarkan uji coba yang telah dilakukan kepada ahli media ahli materi dan siswa atau audiens dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif layak atau valid digunakan sebagai media pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas VII. Dengan hasil angket dari ahli media diperoleh 88.75% dengan kriteria valid atau layak hasil angket dari ahli materi diperoleh 91.66% dengan kriteria valid atau layak hasil angket siswa dari uji coba lapangan diperoleh 88.28% dengan kriteria valid atau layak. Disaranakan untuk pengembang selanjutnya adalah produk yang dihasilkan harus sesuai dengan tujuan pembelajaran dan karakteristik siswa seperti materi dan komponen-komponen dalam produk seperti video atau gambar agar lebih menarik lagi untuk dipelajari siswa sehingga membuat siswa menjadi lebih tertarik lagi lebih efektif dan lebih memotivasi siswa untuk belajar yang akan berdampak pada peningkatan kualitas belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/610 |
Actions (login required)
View Item |