Pemanfaatan media kartu bergambar dalam pembelajaran IPA kelas IV di SDN Cepoko III Kecamatan Sumber Kabupaten Probolinggo tahun ajaran 2010/2011 (penelitian tindakan kelas) / Luluk Zulaika - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan media kartu bergambar dalam pembelajaran IPA kelas IV di SDN Cepoko III Kecamatan Sumber Kabupaten Probolinggo tahun ajaran 2010/2011 (penelitian tindakan kelas) / Luluk Zulaika

Zulaika, Luluk (2011) Pemanfaatan media kartu bergambar dalam pembelajaran IPA kelas IV di SDN Cepoko III Kecamatan Sumber Kabupaten Probolinggo tahun ajaran 2010/2011 (penelitian tindakan kelas) / Luluk Zulaika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Media Kartu Bergambar Pembelajaran IPA Hasil Belajar. Pemanfaatan Media Kartu Bergambar merupakan pilihan yang tepat untuk mengatasi permasalahan yang terjadi di SDN Cepoko III. Karena di lembaga tersebut pembelajaran yang dilakukan guru secara konvensional membuat siswa pasif dan hasil belajarnya rendah. Oleh sebab itu perlu dilakukan pembelajaran yang dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa salah satunya yaitu memanfaatkan media kartu bergambar. Fokus dalam penelitian ini yaitu Bagaimana pemanfaatan media kartu bergambar dalam meningkatkan hasil belajar dan aktifitas siswa di SDN Cepoko III Kecamatan Sumber Kabupaten Probolinggo terutama yang berkaitan dengan(1) Proses pelaksanaan pembelajaran IPA ketika memanfaatkan media kartu bergambar. (2) Aktifitas atau partisipasi yang dilakukan siswa terhadap pembelajaran IPA ketika memanfaatkan media kartu bergambar. (3) Hasil belajar siswa setelah memanfaatkan Media Kartu Bergambar dalam pembelajaran IPA . Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) karena penelitian dimaksudkan untuk mengkaji problem atau masalah pembelajaran yang dirasakan oleh guru dan siswa pada umumnya. Penelitian tindakan kelas (PTK) termasuk penelitian dengan pendekatan kualitatif meskipun data yang dikumpulkan berbentuk kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif untuk mencari gambaran kongkrit mengenai variabel yang diteliti yang lebih menonjolkan data berupa pernyatan-pernyataan yang diperoleh dari hasil observasi catatan lapangan dan angket. Pengolahan data kuantitatif merupakan pengolahan dari hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan (1) Pemanfaatan media kartu bergambar dalam pembelajaran IPA sangat efektif dan efisien karena dapat dilaksanakan dalam dua pokok bahasan yang berbeda yaitu Penggolongan Hewan Berdasarkan Makanannya serta Hubungan Antar Mahluk Hidup Dan Antar Mahluk Hidup Dengan Lingkungannya dengan metode active learning strategi sort card .(2) memanfaatan media kartu bergambar dapat meningkatakan aktifitas partisipasi dan motivasi belajar siswa di SDN Cepoko III. Dan (3) secara kuantitatif hasil belajar siswa di SDN Cepoko III setelah memanfaatkan media kartu bergambar dalam pembelajaran IPA menunjukkan tingkat ketuntasan belajar yang tinggi. Karena pada siklus I prosentase ketuntasan belajar sebelum memanfaatkan media kartu bergambar mencapai 55% dan setelah memanfaatkan media kartu bergambar meningkat menjadi 70% %. Siklus II prosentase ketuntasan belajar sebelum memanfaatkan media kartu bergambar sebanyak 57% dan meningkat menjadi 78% setelah memanfaatkan media kartu bergambar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61

Actions (login required)

View Item View Item