Penerapan model pembelajaran Round Robin dan Quiz-quiz Trade pada mata Diklat Kewirausahaan untuk meningkatkan self efficacy dan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X AP 1 SMK PGRI Sooko Mojokerto) / Tyas Fajar Afandini

Afandini, Tyas Fajar (2018) Penerapan model pembelajaran Round Robin dan Quiz-quiz Trade pada mata Diklat Kewirausahaan untuk meningkatkan self efficacy dan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X AP 1 SMK PGRI Sooko Mojokerto) / Tyas Fajar Afandini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Afandini, Tyas Fajar. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Round Robin Dan Quiz-Quiz Trade Pada Mata Diklat Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Self Efficacy Dan Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Siswa Kelas X Ap 1 Smk Pgri Sooko Mojokerto) Tesis, Program Studi S-2 Pendidikan Bisnis dan Manajemen, Pascasarjana, Universitas Negeri MalSang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Budi Eko Soetjipto, M.Ed., M.Si. (II) Dr. Hj. Madziatul Churiyah, S.Pd., M.M. Kata kunci: Round Robin, Quiz-quiz Trade, Self Efficacy, Hasil Belajar Siswa Berdasarkan hasil wawancara dengan Ibu Lilik Uzdlifah, S.Pd salah satu guru kewirausahaan di SMK PGRI Sooko Mojokerto pada tanggal 19 September 2016, memberikan gambaran masalah yang mendasar dialami siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung adalah (1) guru menyampaikan materi secara monoton, karena materi terlalu panjang dan banyak, siswa banyak mengeluh karena mendiktenya terlalu cepat dan membuat capek. Hal itu membuat siswa tidak mencatat sehingga siswa tidak memiliki catatan untuk dipelajari. (2) mayoritas peserta didik cenderung pasif dan kurang yakin dalam menyelesaikan tugas sehingga suasana belajar terkesan membosankan dan kurang menyenangkan, (3) guru belum pernah menerapkan model pembelajaran Round Robin dan Quiz-Quiz Trade di kelas X AP 1, (4) metode pembelajaran yang digunakan oleh guru selama ini adalah ceramah dan penugasan, belum bisa menimbulkan rasa percaya diri siswa dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru, (5) pada saat menjelang ujian pada saat guru menjelaskan materi dan melakukan tanya jawab, keterlibatan peserta didik tergolong rendah. Suasana belajar dan kualitas pengajaran pun merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi self efficacy siswa. Suasana yang menyenangkan dapat meningkatkan self efficacy siswa yang optimal serta keyakinan bahwa pada setiap individu mempunyai kemampuan mengontrol pikiran, perasaan, dan perilakunya Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus, tiap siklus dilaksanakan 4 kali pertemuan. Tahap-tahap Penelitian Tindakan Kelas terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi hasil tindakan. Subyek penelitian adalah siswa kelas X AP 1 pada Mata Pelajaran Kewirausahaan di SMK PGRI Sooko Mojokerto yang berjumlah 36 siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan data dianalisis secara deskriptif. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data melalui tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum yang disempurnakan adalah model pembelajaran yang mengarah pada siswa untuk lebih aktif, interaktif, inspiratif, dan menyenangkan untuk menemukan sendiri pengetahuan dan keterampilan serta sikap melalui berbagai aktivitas belajar di dalam proses pembelajaran, misalnya model pembelajaran Round Robin dengan Quiz-quiz Trade. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Round Robin dengan Quiz-quiz Trade sebagai upaya peningkatkan prestasi belajar siswa kelas X AP 1 SMK PGRI Sooko Mojokerto pada Mata Pelajaran Kewirausahaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan pada penerapan model pembelajaran round robin dan quiz-quiz trade, self efficacy, serta hasil belajar siswa. Diketahui bahwa pada siklus I penerapan pembelajaran round robin dan quiz-quiz trade adalah rata-rata sebesar 70,83% dengan kategori baik, dan mengalami peningkatan pada siklus 2 dengan rata-rata sebesar 90,29% kategori baik sekali. Sedangkan untuk self efficacy total rata-rata yang didapat antara siklus 1 dengan rata-rata persentase sebesar 72% kategori ii baik, dan mengalami peningkatan pada siklus 2 dengan rata-rata sebesar 94% kategori baik sekali. Peningkatan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I prensentase hasil belajar siswa mencapai 70,83% dengan siswa yang tuntas belajar 14 siswa sedangkan pada siklus II mencapai 90,27% dengan kategori Sangat Baik dimana siswa yang tuntas belajar sebanyak 36 siswa atau keseluruhan dari jumlah siswa yang hadir telah tuntas belajar, sehingga terjadi kenaikan presentase hasil belajar sebesar 19,44%. . Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model Pembelajaran Kooperatif Round Robin dengan Quiz-Quiz Trade mampu meningkatkan hasil belajar siswa, mampu meningkatkan self efficacy siswa dalam kelas, dan mampu meningkatkan aktivitas tindakan guru dalam mengajar. Namundalam melaksanakan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Round Robin dengan Quiz-Quiz Trade guru harus melakukan persiapan secara matang, sehingga dalam pelaksanaanya guru bisa mengoptimalkan proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S2 Pendidikan Bisnis dan Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60999

Actions (login required)

View Item View Item