Penerapan numbered heads together dan Think Pair Share untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X-AK pada mata pelajaran Akuintasadi Dasar di SMK Negeri 1 Kemlagi Mojokerto / Khoirun Nadliroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan numbered heads together dan Think Pair Share untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X-AK pada mata pelajaran Akuintasadi Dasar di SMK Negeri 1 Kemlagi Mojokerto / Khoirun Nadliroh

Nadliroh, Khoirun (2018) Penerapan numbered heads together dan Think Pair Share untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X-AK pada mata pelajaran Akuintasadi Dasar di SMK Negeri 1 Kemlagi Mojokerto / Khoirun Nadliroh. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Nadliroh Khoirun. 2018. Penerapan Numbered Heads Together dan Think Pair Share Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X-AK1 pada Mata Pelajaran Akuntansi Dasar di SMK Negeri 1 Kemlagi Mojokerto Tesis. Jurusan Pendidikan Bisnis dan Manajemen Program Pascasarjana Universitas Malang Pembimbing (1) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika R.W.W. M.A. M.Si. (2) Dr. Aniek Indrawati S.Si. M.M. Keyword Numbered Heads Together dan Think Pair Share Motivasi belajar Hasil belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dipadu dengan Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan penerapan model pembelajaran NHT dan TPS sesuai dengan sintaks untuk mengetahui penerapan model pembelajaran NHT dan TPS dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan model pembelajaran ini. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2017 yang meliputi dua siklus dan masing-masing siklus terdapat dua kali pertemuan. Penelitian ini menggunakan metode perpaduan dua model pembelajaran yaitu Numbered Heads Together dengan Think Pair Share di setiap pertemuannya. Subyek penelitian adalah siswa Kelas X-AK1 SMK Negeri 1 Kemlagi yang berjumlah 32 siswa pada tahun pelajaran 2017-2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil observasi keterlaksanaan penerapan model pembelajaran NHT dan TPS sudah sangat baik terbukti pada siklus I rata-rata skor sebesar 81 58% dan siklus II sebesar 94 74%. Untuk motivasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 11 49%. Hasil belajar pada siklus I menunjukkan persentase ketuntasan belajar pre-test sebesar 53 13% mengalami peningkatan pada post-test sebesar 75% hal ini menunjukkan adanya peningkatan persentase pre-test ke post-test sebesar 21 87%. Pada siklus II persentase ketuntasan belajar pre-test sebesar 78 13% mengalami peningkatan pada post-test sebesar 93 75% hal ini menunjukkan adanya peningkatan pre-test ke post-test sebesar 15 62%. Berdasarkan rata-rata persentase ketuntasan belajar siklus I dan siklus II dapat dinyatakan meningkat dengan adanya bukti bahwa rata-rata persentase ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 64 07% dan siklus II sebesar 85 94% sehingga terjadi peningkatan sebesar 21 87%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran NHT dan TPS sudah sesuai dengan sintaks penerapan model pembelajaran NHT dan TPS juga dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa Kelas X Ak 1 SMK Negeri 1 Kemlagi Kabupaten Mojokerto.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S2 Pendidikan Bisnis dan Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60996

Actions (login required)

View Item View Item