Sholichah, Zulfatus (2018) Penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan Team Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XI AK-3 SMKN 1 Sooko Mojokerto pada mata pelajaran akuntansi keuangan) / Zulfatus. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Sholichah Zulfatus. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Siswa Kelas XI AK-3 SMKN 1 Sooko Mojokerto Pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan) Tesis. Jurusan Pendidikan Bisnis dan Manajemen Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Budi Eko Soetjipto M.Ed. M.Si (II) Dr. Wening Patmi Rahayu S.Pd M.M Kata Kunci Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan Teams Games Tournament (TGT) Motivasi belajar dan Hasil Belajar Siswa. Akuntansi Keuangan merupakan salah satu mata pelajaran dari program keahlian Keuangan yang termasuk dalam bidang keahlian bisnis dan manajemen. Dimana mata pelajaran Akuntansi Keuangan dianggap sulit bagi para siswa. Untuk mengatasi kesulitan siswa tersebut maka peranan guru sangat diperlukan dalam proses pembelajaran agar pentransferan segi pengetahuan pemahaman dan ketrampilan siswa terlaksana secara efektif dan efisien. Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk menerapkan model Pembelajaran STAD dan TGT pada mata pelajaran Akuntansi Keuangan kelas XI AK-3 SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto (2) Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran STAD dan TGT pada mata pelajaran Akuntansi Keuangan (3) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran STAD dan TGT pada mata pelajaran Akuntansi Keuangan (4) Untuk mengetahui kendala-kendala penerapan model pembelajaran STAD dan TGT pada materi akuntansi kas bank dan rekonsiliasi bank. Adapun Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan peaksanaan 2 sikus dan masing-masing siklus ada 4 kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi pedoman wawancara lembar catatan lapangan dan dokumen untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa serta tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Selain itu juga digunakan teknik angket motivasi belajar siswa untuk mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran STAD dan TGT . Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses belajar mengajar dengan menerapkan model Pembelajaran STAD dan TGT itu sangat baik karena Siklus I dan II mengalami peningkatan baik dari sisi motivasi belajar maupun hasil belajar siswa. Pada siklus 1 keterlaksanaan model pembelajaran STAD 78% siklus II 90%. Adapun keterlaksanaan model pembelajaran TGT siklus I 80 7% siklus II 95 3%. Motivasi belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran STAD siklus I 83% siklus II 92%. Dengan penerapan model pembelajaran TGT motivasi belajar siswa pada siklus I 85 1% siklus II 95 1%. Sedangkan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Dengan penerapan ii model pembelajaran STAD pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa menunjukkan nilai 74 35 sedangkan pada siklus II dengan rata-rata hasil belajar dengan nilai 90. Dengan penerapan model pembelajaran TGT pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa menunjukkan nilai 75 32 sedangkan pada siklus II dengan rata-rata hasil belajar dengan nilai 90 16. Berarti penerapan model pembelajaran STAD dan TGT dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Dan secara klasikal setelah penerapan model STAD dan TGT semua siswa tuntas belajar karena .memperoleh nilai KKM atau 8805 75.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S2 Pendidikan Bisnis dan Manajemen |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 May 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60994 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |