Pemasaran online dengan media sosial oleh wirausaha pemula di Kabupaten Kediri / Fika Dwi Rahmania - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemasaran online dengan media sosial oleh wirausaha pemula di Kabupaten Kediri / Fika Dwi Rahmania

Rahmania, Fika Dwi (2018) Pemasaran online dengan media sosial oleh wirausaha pemula di Kabupaten Kediri / Fika Dwi Rahmania. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Rahmania Fika Dwi. 2018. Pemasaran Online dengan Media Sosial oleh Wirausaha Pemula di Kabupaten Kediri. Tesis Program Studi Pendidikan Bisnis dan Manajemen Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Budi Eko Soetjipto M. Ed. M. Si (2) Dr. Wening Patmi Rahayu S.Pd. M. M. Kata Kunci Pemasaran Online Media Sosial Wirausaha Pemula Perkembangan wirausaha yang begitu cepat menuntut para wirausaha pemula melakukan inovasi dalam pemasaran untuk meningkatkan daya saingnya. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk berkompetisi dalam persaingan di era globalisasi adalah dengan cara memanfaatkan teknologi informasi dalam bentuk media internet yang semakin berkembang. Perkembangan media sosial telah dimanfaatkan oleh wirausaha pemula untuk proses promosi maupun strategi pemasaran dengan jaringan internet dengan biaya yang terjangkau tanpa alat mahal dan dilakukan sendiri tanpa karyawan. Hal ini dirasa lebih memudahkan mereka untuk menjalin komunikasi dengan pihak yang berpengaruh dalam usaha. Media sosial diperuntukan bagi wirausaha pemula untuk mengenalkan usahanya melakukan transaksi usaha sebagai jalur informasi produk melakukan komunikasi secara global serta memiliki efisiensi biaya. Studi ini bertujuan untuk mengetahui alasan wirausaha pemula memilih pemasaran online dengan media sosial strategi pemasaran online dengan media sosial yang digunakan wirausaha pemula dan manfaat yang dirasakan wirausaha pemula melakukan pemasaran dengan media sosial. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan penelitian fenomenologi. Penelitian dilakukan pada 3 wirausaha pemula makanan dan 2 wirausaha pemula minuman di kabupaten Kediri. Pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara mendalam dan dokumentasi. Media sosial yang digunakan adalah Facebook Instagram Black Barry Masanger (BBM) dan WhatsApp. Alasan menggunakan media sosial antara lain karena kompetitor menggunakan media sosial untuk pemasaran karena secara langsung mendapatkan feedback dari konsumen jangkauan luas mudah digunakan dan biaya terjangkau. Strategi yang digunakan antara lain stategi informasi promosi penjualan dan promosi periklanan serta bergabung dengan komunitas. Manfaat menggunakan media sosial untuk pemasaran antara lain melakukan promosi dan pemasaran secara cepat tanpa terkendala waktu dan jarak komunikasi dapat dilakukan langsung dan intens antara pemilik dan konsumen meningkatnya pendapatan. Saran untuk wirausaha pemula meskipun usaha yang didirikan merupakan usaha awal dan masih merupakan usaha sampingan wirausaha pemula perlu untuk lebih memanfaatkan lagi fitur di media sosial. Wirausaha pemula perlu memanfaatkan media sosial secara maksimal dan secara konsisten dengan lebih sering melakukan pembaharuan informasi setiap hari untuk mengembangkan pangsa pasar dan peningkatan pencarian di search engine serta melakukan promosi secara maksimal untuk meningkatkan pendapatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S2 Pendidikan Bisnis dan Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Apr 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60992

Actions (login required)

View Item View Item