Pengaruh subjective norm dan pendidikan kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha melalui sikap berwirausaha pada mahasiswa Jurusan Manajemen / Fadhlillah Imam Kurnain - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh subjective norm dan pendidikan kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha melalui sikap berwirausaha pada mahasiswa Jurusan Manajemen / Fadhlillah Imam Kurnain

Kurnain, Fadhlillah Imam (2017) Pengaruh subjective norm dan pendidikan kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha melalui sikap berwirausaha pada mahasiswa Jurusan Manajemen / Fadhlillah Imam Kurnain. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurnain Fadhlillah Imam. 2017. Pengaruh Subjective Norm dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Intensi Berwirausaha Melalui Sikap Berwirausaha Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen. Tesis. Program Studi S2 Pendidikan Bisnis dan Manajemen Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Budi Eko Soetjipto M.Ed M.Si. (II) Dr. Aniek Indrawati S.Si. M.M. Kata Kunci Subjective Norm Pendidikan Kewirausahaan Sikap Berwirausaha Intensi Berwirausaha. Pengangguran merupakan permasalahan utama di Indonesia jumlah pengangguran tidak hanya berasal dari sekolah dasar kebawah melainkan salah satunya berasal dari tingkat Diploma dan Universitas 2.49.362 dan 695.304 jiwa pada Februari 2016. Untuk mengatasi hal tersebut salah satu kebijakan pemerintah yaitu dengan meningkatkan jumlah wirausaha di Indonesia sehingga diharapkan dapat menurunkan tingkat pengangguran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara Subjective norm dan pendidikan kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha melalui sikap berwirausaha mahasiswa Jurusan Manajemen. Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan kuantitatif dengan menggunakan path analysis. Populasi penelitian yang digunakan adalah mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang sejumlah 540 mahasiswa. Sampel dipilih berdasarkan proportionate stratified random sampling. Sehingga diperoleh total sampel sejumlah 230 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata mean subjective norm Pendidikan kewirausahaan sikap berwirausaha dan intensi berwirausaha mahasiswa masih dalam kategori baik/efektif. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa subjective norm berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap berwirausaha. Pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap berwirausaha. Subjective norm berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap intensi berwirausaha. Pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap intensi berwirausaha. Sikap berwirausaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap intensi berwirausaha. Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan norma atau keyakinan yang berlaku dimasyarakat bahwa seseorang dikatakan bekerja adalah ketika seseorang menjadi karyawan PNS dll. serta keyakinan bahwa menjadi seorang karyawan atau PNS lebih menjanjikan karena berpenghasilan tetap serta memiliki resiko yang lebih kecil daripada berwirausaha. Keyakinan tersebut yang membuat rendahnya pengaruh subjective norm terhadap intensi berwirausaha mahasiswa. Kurangnya pendidikan kewirausahaan dalam menghadapi resiko-resiko saat memulai berwirausaha dan kurangnya kegiatan-kegiatan lain selain pameran entrepreneurship untuk meningkatkan intensi berwirausaha membuat semakin rendahnya mahasiswa untuk mengimplementasikan intensi berwirausahanya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S2 Pendidikan Bisnis dan Manajemen
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60990

Actions (login required)

View Item View Item