Pendidikan kewirausahaan di pondok pesantren (studi kasus di Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan) / Abdulloh Kasor - Repositori Universitas Negeri Malang

Pendidikan kewirausahaan di pondok pesantren (studi kasus di Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan) / Abdulloh Kasor

Kasor, Abdulloh (2017) Pendidikan kewirausahaan di pondok pesantren (studi kasus di Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan) / Abdulloh Kasor. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kasor Abdulloh. 2016. Pendidikan kewirausahaan di pondok pesantren (Studi Kasus di Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan). Tesis. Jurusan Pendidikan Bisnis dan Manajemen Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Heri Pratikto M.Si. (II) Dr. H. Agung Winarno M.M. Kata Kunci Kewirausahaan Pendidikan Kewirausahaan Pondok Pesantren. Pendidikan kewirausahaan sangat penting dalam pembangunan ekonomi bagi sebuah bangsa. Kewirausahaan tidak hanya membantu meningkatkan perekonomian suatu negara tetapi juga membina kompetensi ekonomi individu masyarakat dan dunia. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan proses Pendidikan kewirausahaan di Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan 2) mendeskripsikan peran Kiai pengurus ustaz santri dan alumni dalam pemberdayaan kewirausahaan di pondok pesantren Sidogiri Pasuruan 3) mendeskripsikan peran pondok pesantren Sidogiri Pasuruan dalam membina wirausahawan mandiri dari kalangan santri dan 4) mendeskripsikan unit-unit usaha yang di kembangkan oleh pondok pesantren Sidogiri Pasuruan. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif dengan model studi kasus untuk menjawab pertanyaan di atas. Dalam penelitian ini peneliti sebagai instrumen utama. Dalam pengumpulan data melalui observasi Partisipasi wawancara mendalam dan analisis isi dokumen. Sedangkan Teknik analisis data dalam penelitian ini didasarkan pada teknik yang dikemukakan Miles Huberman (1992) adalah reduksi data penyajian data dan penyimpulan Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik bola salju untuk memperoleh nama-nama informan di pesantren yang diteliti Dalam penelitian ini juga ada triangulasi sumber data teori dan metodologi diterapkan untuk mengecek keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Dalam proses pendidikan kewirausahaan yang dilaksanakan di pondok pesantren Sidogiri menggunakan kurikulum terprogram dengan mengintegrasikan dalam mata pengajaran agama juga bentuk ekstrakurikuler dari santri senior dan alumni pesantren bentuk pengembang diri dari kebutuhan pribadi ilmu pengetahuan yang diintegrasi dari Ilmu Fiqih dapat ditransfer ke praktik melalui strategi santri dilatih untuk mengelola lembaga ekonomi yang ada di pondok pesantren di bawah pantauan dan bimbingan dari kiai pengurus para santri senior dan Alumni Pondok pesantren. Melalui Nilai-nilai spiritual dari Agama yang ada hubungan dengan Allah dengan nilai kewirausahaan dengan ciri-ciri pengetahuan inisiatif pengambilan risiko orientasi pelanggan keterlibatan karyawan pemikiran strategis takut kepada Allah kerja keras inovasi keunggulan kejujuran dan kebenaran moralitas visi optimisme kesabaran kesejahteraan sosial pendapatan Halal dan ekonomis berbasis ibadah di mana segala kegiatan ekonomi yang dilakukan diniatkan untuk kepada Allah SWT 2) Peran anggota komunitas 8206 pondok pesantren yang terdiri dari Kyai pengurus para ustaz para santri senior dan para alumni 8206 dalam kegiatan ekonomi berperan penting dalam pemberdayaan ekonomi bagi 8206 komunitas pesantren maupun pemberdayaan ekonomi bagi masyarakat 3) Pesantren Sidogiri berperan bukan hanya sebagai lembaga pendidikan dan keagamaan juga sebagai lembaga pemberdayaan Ummah berperan penting sebagai agent of development agent of social change dan Peranan pada Sumber Daya manusia supaya mengoptimalkan potensi yang dimilikinya dan pesantren Sidogiri juga memberikan pelatihan khusus dan tugas magang kepada santrinya upaya mengoptimalkan potensi yang dimilikinya dan pondok pesantren Sidogiri juga mengadakan pendidikan dan pelatihan keterampilan dan tugas magang serta mendayakan ekonomi sebagai tempat belajar kemandirian wirausaha bagi santri agar menjadi bekal bagi santri ketika sudah terjun kemasyarakatan secara langsung. 4) Pondok Pesantren (Ponpes) Sidogiri Pasuruan memiliki lembaga-lembaga ekonomi maupun sosial secara internal seperti Kopontren Sidogiri Pustaka Sidogiri dan Buletin Sidogiri LAZ (lembaga amil zakat) Sidogiri L-KAF (lembaga Wakaf) Sidogiri IASS (Ikatan Alumni Santri Sidogiri) adapun lembaga eksternalnya adalah seperti Koperasi BMT Maslahah Koperasi BMT UGT Sidogiri PT. BPR Syariah UMMU Sidogiri dan Koperasi Agro Sidogiri SBC Sidogiri yang didirikan oleh Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan dengan motto khidmatan lil ma at wa khidmatan lil ummat untuk mewujudkan Rahmah Islam keseluruhan alam. Saran dan rekomendasi bagi penelitian selanjurnya diharapkan untuk melakukan penelitian lebih mendalam tenteng pendidikan kewirausahaan dengan pendekatan learning by experience Learning By Boing Life-long Learning service-learning dan spiritual Entrepreneurship education. Di samping itu disarankan agar penelitian selanjutnya dapat memperluas informasi gagasan baru dengan nilai-nilai pendidikan terutama nilai-nilai spiritual dan nilai-nilai kewirausahaan dan juga perannya lembaga ekonomi pesantren. 8195 ABSTRACT Kasor Abdulloh. 2016. Entrepreneurship education in Islamic boarding school (A Case Study at Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan). Thesis. Education of Business and Management Department Postgraduate Program Universitas negeri Malang. Advisor (I) Prof. Dr. H. Heri Pratikto M.Si. (II) Dr. H. Agung Winarno M.M. Keywords Entrepreneurship Entrepreneurship Education Islamic Boarding School. Entrepreneurship education is very important in economic development for a nation. Entrepreneurship not only helps improve the economy of a country but also fosters the economic competence of individuals communities and the world. The purpose of this research is 1) to describe the process of entrepreneurship Education at Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan 2) to describe the role of Kiai (leader of school) administrators ustaz (teacher) santri (Student) and alumni in entrepreneurship empowerment at Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan 3) to describe the role of Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan in fostering self-employed entrepreneurs from among students And 4) to describe the business units was developed by Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan. This research uses descriptive qualitative design with case study model to answer the above questions. In this study researchers as the main instrument. In the data collection through observation Participation in-depth interviews and analysis documents. While the technique of data analysis in this study is based on the technique proposed Miles Huberman (1992) is data reduction data presentation and conclusion In this study also researchers used snowball technique to obtain names of informants in pesantren studied Also there is triangulation of sources data theory and methodology applied to check the validity of data. The results showed that 1) In the process of entrepreneurship education conducted in Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan using programmed curriculum by integrating in religious subjects as well as extracurricular form of senior students and alumni of Boarding school form of self-development of personal needs The integrated science of Fiqh Muamalat (Islamic economic) can be transferred to practice through the strategy of students trained to manage the existing economic institutions in boarding schools under the supervision and guidance of kiai administrators senior students and Alumni of Boarding school. Through the Spiritual Values of Religion that have a relationship with God with entrepreneurial values with the characteristics of knowledge initiative risk taking customer orientation employee engagement strategic thinking fear of God hard work innovation excellence honesty and truth Morality vision optimism patience social welfare Halal and economic income based on worship in which all economic activities undertaken are intended to Allah SWT 2) The role of community members of Pesantren consisting of Kyai administrators ustaz (Teacher) senior santri (student senior) and alumni in economic activities Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan was plays an important role in economic for empowerment community and economic empowerment for the community 3) Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan plays not only as an educational and religious institution but also as an ummah empowerment institution plays an important role as agent of development agent of social change and role of human resources in order to optimize its potential and pesantren Sidogiri also provide special training and apprenticeship To his students efforts to optimize their potential and pondok pesantren Sidogiri also provide education and skills training and apprenticeship tasks and economic as a place to learn self-reliance of entrepreneurs to be a provision for students when they have direct community. 4) Pondok Pesantren (Ponpes) Sidogiri Pasuruan has internal economic and social institutions such as Kopontren Sidogiri Sidogiri Library and Bulletin Sidogiri LAZ (Lembaga Amil Zakat Sidogiri) L-KAF (Wakaf Sidogiri Institute) IASS (Ikatan Alumni Santri Sidogiri) as for external agencies such as Cooperative BMT (Baitul Mal Wa Tamwil) Maslahah BMT UGT Sidogiri PT. BPR Syariah UMMU Sidogiri and Agro Sidogiri Cooperative SBC Sidogiri founded by Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan with the motto of khilmatan lil ma at wa khidmatan lil ummat to realize Islam as a mercy for all Suggestions and recommendations for further research are expected to conduct more in-depth research entrepreneurial education with a learning by experience approach Learning By Boing Life-long Learning service-learning and spiritual Entrepreneurship education. In addition it is suggested that further research can broaden the information of new ideas with educational values especially spiritual values and entrepreneurial values as well as the role of Pesantren economic institutions.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S2 Pendidikan Bisnis dan Manajemen
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60986

Actions (login required)

View Item View Item