Pertiwi, Yunita Dwi (2017) Pengaruh orientasi pembelajaran dan orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran melalui inovasi produk UMKM kripik buah di Kota Batu / Yunita Dwi Pertiwi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Pertiwi Yunita Dwi. 2016. Pengaruh Orientasi Pembelajaran dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Inovasi Produk UMKM Kripik Buah di Kota Batu Pembimbing (I) Prof .Dr. H. Bambang Banu Siswoyo M.M (II) Dr.Wahju Wibowo A.Md S.E. M.Si Kata Kunci Orientasi Pembelajaran Orientasi Pasar Inovasi Produk Kinerja Pemasaran Terbukanya pasar se-ASEAN menjadi peluang sekaligus ancaman bagi produsen dalam negeri. Mudahnya barang dari kawasan ASEAN masuk ke Indonesia membuat persaingan produk semakin ketat sehingga produsen harus mengetahui dan memahami sumber daya apa saja yang dimiliki dan bagaimana mengelolanya. Pemasaran yang dilakukan oleh tim pemasaran merupakan komponen terpenting dalam sebuah perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji adakah pengaruh orientasi pembelajaran orientasi pasar UMKM kripik Buah di Kota Batu terhadap kinerja pemasaran melalui inovasi produk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan tergolong jenis eksplaratif yang bersifat korelasi asosiatif. Populasi pada penelitian ini adalah UMKM kripik buah di Kota Batu sejumlah 30 . Sampel pada penelitian ini adalah keseluruahn dari polulasi (penelitian survey). Analisis data yang digunakan adalah path analysis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah orientasi pembelajaran tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran orientasi pasar berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja pemasaran inovasi produk tidak berpengaruh terhadap kinerja pemasaran orientasi pembelajaran tidak berpengaruh signifikan terhadap inovasi produk dan orientasi pasar tidak berpengaruh signifikan terhadap inovasi produk. Saran untuk UMKM adalah meningkatkan aktivitas yang dapat meningkatkan orientasi pasar. Untuk pimpinan Diskoperindag agar lebih memperhatikan kondisi UMKM terutama pada kinerja pemasaran serta memberikan pendampingan khusus pada UMKM baru serta memberikan pelatihan-pelatihan yang berkaitan dengan orientasi pasar. Untuk peneliti selnjutnya hendaknya mempertajam instrument penelitian menambah variabel penelitian dan menambah jumlah sampel penelitian.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S2 Pendidikan Bisnis dan Manajemen |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60985 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |