Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran kewirausahaan dalam menumbuhkan minat berwirausaha (studi kasus pada mahasiswa lintas jurusan Universitas Negeri Malang) / Joni Alif Utama - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran kewirausahaan dalam menumbuhkan minat berwirausaha (studi kasus pada mahasiswa lintas jurusan Universitas Negeri Malang) / Joni Alif Utama

Utama, Joni Alif (2016) Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran kewirausahaan dalam menumbuhkan minat berwirausaha (studi kasus pada mahasiswa lintas jurusan Universitas Negeri Malang) / Joni Alif Utama. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Utama Joni Alif. 2016. PersepsiMahasiswaTerhadapPembelajarannKewirausahaanDalamMenumbuhkanMinatBerwirausaha (StudiKasusPadaMahasiswaLintasJurusanUniversitasNegeri Malang). Tesis.Program Studi S2 PendidikanBisnisdanManajemen Program PascasarjanaUniversitasNegeri Malang.Pembimbing (I) Prof. Dr. F. DanardanaMurwani M.M. (II) Dr. WahjuWibowo A.Md. M.Si. Kata Kunci persepsi pembelajarankewirausahaan minatberwirausaha lintas jurusan. Lembagapendidikantinggisepertiuniversitasmemainkanperan yang sangatpentingdalammemberikanpembelajarankewirausahaan pelatihan danbantuanteknislainnyakepadamahasiswa.pengembangansemangatkewirausahaantelahmenjadihalpenting di masadepan. Melaluipembelajarankewirausahaanakanmenciptakankesempatankerjabagimasyarakat memberikanmotivasiawalkepadamahasiswauntukmemilikibisnis..Upayaperguruantinggisebagailembagapendidikanmemilikitanggungjawabmenyiapkanlulusan yang mandiridanmampubersaing di masyarakat dikembangkanlahpembelajarankewirausahaan.Tujuanpenelitianiniyaitumengetahui (1) BagaimanakahpersepsimahasiswalintasjurusanUniversitasNegeri Malang terhadappembelajarankewirausahaandalammenumbuhkanminatberwirausaha (2) Bagaimanabentuk-bentukkegiatanpembelajarankewirausahaan yang diterapkan (3) Apakahfaktor-faktor yang mendorongmahasiswamengikutipembelajarankewirausahaandalammenumbuhkanminatberwirausaha (4) Apakahmanfaat yang diperolehmahasiswaselamamengikutipembelajarankewirausahaan. Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiankualitatifdenganpendekatandeskriptifdanstudikasus.Key informanyaitu 5 mahasiswalintasjurusan yang berada di UniversitasNegeri Malang. Dalammengumpulkan data melaluiwawancaramendalam dandokumentasi.Triangulasisumber data danteoridigunakanuntukmengecekkeabsahan data. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapembelajarankewirausahaandapatmemberikanmanfaatyaitusalahsatunyamemberikandorongankepadamahasiswauntukmelakukanataumenjalankansuatuusaha.Pembelajarankewirausahaanmembantumahasiswadalammeminimalisirterjadinyapenyimpangan memberikankemudahanpadamahasiswadalammemetakansetiaprencanabisnis.Merekaberanggapanbahwapembelajarankewirausahaansebagailangkahawalpentingdalammenumbuhkanpemikiranpadamahasiswauntukmenjalankanusahakhususnyabagipemula yang belummemilikibanyakpengalamandenganbentuk-bentukkegiatanbaikteoridanpraktek di lapangan. Berdasarkanhasiltersebut penelitianinimerekomendasikanbahwalembagapendidikansetingkatuniversitasuntukmulaimenerapkanpembelajarankewirausahaan di setiapjurusan yang ada.Karenaakanmembantuterciptanyawirausahabarudarikalanganmahasiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S2 Pendidikan Bisnis dan Manajemen
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60979

Actions (login required)

View Item View Item