Utama, Joni Alif (2016) Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran kewirausahaan dalam menumbuhkan minat berwirausaha (studi kasus pada mahasiswa lintas jurusan Universitas Negeri Malang) / Joni Alif Utama. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Utama Joni Alif. 2016. PersepsiMahasiswaTerhadapPembelajarannKewirausahaanDalamMenumbuhkanMinatBerwirausaha (StudiKasusPadaMahasiswaLintasJurusanUniversitasNegeri Malang). Tesis.Program Studi S2 PendidikanBisnisdanManajemen Program PascasarjanaUniversitasNegeri Malang.Pembimbing (I) Prof. Dr. F. DanardanaMurwani M.M. (II) Dr. WahjuWibowo A.Md. M.Si. Kata Kunci persepsi pembelajarankewirausahaan minatberwirausaha lintas jurusan. Lembagapendidikantinggisepertiuniversitasmemainkanperan yang sangatpentingdalammemberikanpembelajarankewirausahaan pelatihan danbantuanteknislainnyakepadamahasiswa.pengembangansemangatkewirausahaantelahmenjadihalpenting di masadepan. Melaluipembelajarankewirausahaanakanmenciptakankesempatankerjabagimasyarakat memberikanmotivasiawalkepadamahasiswauntukmemilikibisnis..Upayaperguruantinggisebagailembagapendidikanmemilikitanggungjawabmenyiapkanlulusan yang mandiridanmampubersaing di masyarakat dikembangkanlahpembelajarankewirausahaan.Tujuanpenelitianiniyaitumengetahui (1) BagaimanakahpersepsimahasiswalintasjurusanUniversitasNegeri Malang terhadappembelajarankewirausahaandalammenumbuhkanminatberwirausaha (2) Bagaimanabentuk-bentukkegiatanpembelajarankewirausahaan yang diterapkan (3) Apakahfaktor-faktor yang mendorongmahasiswamengikutipembelajarankewirausahaandalammenumbuhkanminatberwirausaha (4) Apakahmanfaat yang diperolehmahasiswaselamamengikutipembelajarankewirausahaan. Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiankualitatifdenganpendekatandeskriptifdanstudikasus.Key informanyaitu 5 mahasiswalintasjurusan yang berada di UniversitasNegeri Malang. Dalammengumpulkan data melaluiwawancaramendalam dandokumentasi.Triangulasisumber data danteoridigunakanuntukmengecekkeabsahan data. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapembelajarankewirausahaandapatmemberikanmanfaatyaitusalahsatunyamemberikandorongankepadamahasiswauntukmelakukanataumenjalankansuatuusaha.Pembelajarankewirausahaanmembantumahasiswadalammeminimalisirterjadinyapenyimpangan memberikankemudahanpadamahasiswadalammemetakansetiaprencanabisnis.Merekaberanggapanbahwapembelajarankewirausahaansebagailangkahawalpentingdalammenumbuhkanpemikiranpadamahasiswauntukmenjalankanusahakhususnyabagipemula yang belummemilikibanyakpengalamandenganbentuk-bentukkegiatanbaikteoridanpraktek di lapangan. Berdasarkanhasiltersebut penelitianinimerekomendasikanbahwalembagapendidikansetingkatuniversitasuntukmulaimenerapkanpembelajarankewirausahaan di setiapjurusan yang ada.Karenaakanmembantuterciptanyawirausahabarudarikalanganmahasiswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S2 Pendidikan Bisnis dan Manajemen |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60979 |
Actions (login required)
View Item |