Pengaruh pembelajaran kewirausahaan dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha melalui pola pikir wirausaha (studi pada siswa SMK kelas XII Jurusan Bisnis dan Manajemen se Kabupaten Jember) / Deby Windianasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran kewirausahaan dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha melalui pola pikir wirausaha (studi pada siswa SMK kelas XII Jurusan Bisnis dan Manajemen se Kabupaten Jember) / Deby Windianasari

Windianasari, Deby (2015) Pengaruh pembelajaran kewirausahaan dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha melalui pola pikir wirausaha (studi pada siswa SMK kelas XII Jurusan Bisnis dan Manajemen se Kabupaten Jember) / Deby Windianasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Windianasari Deby. 2015. Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Melalui Pola Pikir Wirausaha (Studi Pada Siswa Kelas XII Jurusan Bisnis dan Manajemen Se Kabupaten Jember). Tesis Program Studi Pendidikan Bisnis dan Manajemen Program Magister Fakultas Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Heri Pratikto M.Si (II) Dr. Heny Kusdiyanti S.Pd. M.M. Katakunci Pembelajaran Kewirausahaan Lingkungan Keluarga Minat Berwirausaha Pola Pikir Wirausaha Saat ini daya saing memiliki peran yang penting bagi kemajuan suatu bangsa atau negara.Menurut laporan WEF (World Economic Forum) dalamThe Global Competitiveness Report tahun 2014 daya saing Indonesia menempati peringkat ke-4 di regional ASEAN di bawah Singapura Malaysia dan Thailand. Sedangkan daya saing Indonesia menempati peringkat ke 34 dunia dari 144 Negara pada tahun 2014. Peningkatan daya saing tersebut diharapkan mampu bersaing dan berapresiasi dalam menghadapi MEA tepatnya akhir tahun 2015 sehingga peran pembelajaran kewirausahaan lingkungan keluarga pola pikir wirausaha sangat dibutuhkan dalam menumbuhkan minat berwirausahauntuk membentuk calon wirausaha-wirausaha baru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh langsung dan tidak langsungpembelajaran kewirausahaan baik dalam lingkungan sekolah maupun keluarga terhadap minat berwirausaha. Penelitian ini menggunakan pendekatatn kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII jurusan bisnis dan manajemen se Kabupaten Jember yang berjumlah 1.173 siswa. Peneltian ini menggunakan sampel 93 siswa. Penelitian ini di rancang menggunakan metode eksplanasi (eksplanatori research). Sedangkan Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis lintasan (path analysis). Temuan penelitian menunjukkanbahwa pembelajaran kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pola pikir wirausaha lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap pola pikir wirausaha pembelajaran kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha pola pikir wirausaha berpengaruh positif dan signifikan terhadapa minat berwirausaha pembelajaran kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha melalui pola pikir wirausaha dan lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha melalui pola pikir wirausaha. Berdasarkan temuan penelitian disarankankepada (1) orang tua siswa untuk menanamkan jiwa wirausaha sejak dini (2) bagi guru dapat meningkatkan kompetensi dalam pembelajaran (3) bagi pihak sekolah perlu dipikirkan membentuk lembaga permanen yang bergerak pada layanan konsultasi bisnis termasuk dalam membantu pengembangan jaringan pasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S2 Pendidikan Bisnis dan Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60968

Actions (login required)

View Item View Item