Pengaruh pendidikan kewirausahaan dalam lingkungan keluarga dan sekolah terhadap niat berwirausaha melalui self efficacy (studi pada siswa kelas XII SMK Negeri 2 Kediri) / Ika Zutiasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pendidikan kewirausahaan dalam lingkungan keluarga dan sekolah terhadap niat berwirausaha melalui self efficacy (studi pada siswa kelas XII SMK Negeri 2 Kediri) / Ika Zutiasari

Zutiasari, Ika (2015) Pengaruh pendidikan kewirausahaan dalam lingkungan keluarga dan sekolah terhadap niat berwirausaha melalui self efficacy (studi pada siswa kelas XII SMK Negeri 2 Kediri) / Ika Zutiasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zutiasari Ika. 2015. Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dalam Lingkungan Keluarga dan Sekolah terhadap Niat Berwirausaha melalui Self-Efficacy (Studi pada Siswa Kelas XII SMK Negeri 2 Kediri). Tesis Program Studi Pendidikan Bisnis dan Manajemen Program Magister Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sudarmiatin M.Si (II) Dr. Wening Patmi Rahayu S.Pd. M.M. Kata kunci Pendidikan Kewirausahaan dalam Lingkungan Keluarga Pendidikan Kewirausahaan dalam Lingkungan Sekolah Niat Berwirausaha Self-Efficacy Menciptakan wirausaha mandiri merupakan salah satu upaya untuk mengatasi masalah pengangguran khususnya di Indonesia. Peluang untuk menjadi wirausaha masih terbuka luas sehubungan dengan adanya Masyarakat Ekonomi Asean pada akhir tahun 2015. Pemerintah Kota Kediri mencanangkan Tri Bina Kota sebagai landasan pembangunan meliputi bidang pendidikan perdagangan serta jasa dan industri. Berpijak pada landasan tersebut Pemerintah Kota Kediri berkomitmen untuk memajukan sektor perindustrian secara aktif dengan memperkuat daya dukung bagi pembangunan industri sebagai salah satu basis penguatan ekonomi lokal yang handal. Untuk mencapai tujuan tersebut perlu adanya pendidikan kewirausahaan yang baik dalam lingkungan keluarga dan sekolah serta pembentukan self-efficacy siswa untuk memperkuat niat siswa dalam berwirausaha. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh langsung pendidikan kewirausahaan baik dalam lingkungan keluarga maupun sekolah terhadap niat berwirausaha. Selain itu tujuan dari penelitian ini juga untuk melihat pengaruh secara tidak langsung dari pendidikan kewirausahaan dalam lingkungan keluarga dan sekolah terhadap niat berwirausaha melalui self-efficacy siswa kelas XII SMK Negeri 2 Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian Expost Facto. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMK Negeri 2 Kediri sejumlah 639 siswa sehingga sampel yang digunakan dengan menggunakan rumus Slovin sebanyak 246 siswa yang diambil dengan teknik pengambilan sampel menggunakan propotional random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur (Path Analysis) dengan langkah-langkah sebagai berikut 1) merumuskan hipotesis secara struktural 2) menghitung koefisien jalur yang didasarkan pada koefisien regresi 3) menggambarkan diagram jalur lengkap menentukan sub-sub strukturnya dan merumuskan persamaan struktural yang sesuai dengan hipotesis yang diajukan dan 4) menghitung koefisien regresi untuk struktur yang telah dirumuskan. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan baik dalam lingkungan keluarga maupun sekolah berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap niat berwirausaha. Temuan lain dalam penelitian ini menunjukkan bahwa adanya variabel intervening (self-efficacy) mampu memperkuat variabel bebas yaitu pendidikan kewirausahaan dalam lingkungan keluarga dan sekolah terhadap variabel terikat yaitu niat berwirausaha siswa SMK Negeri 2 Kediri. Berdasarkan penelitian ini peneliti memberikan saran bagi orang-tua siswa agar menanamkan semangat berwirausaha sejak dini kepada anak untuk memberikan alternative pilihan dalam mencoba berwirausaha bagi guru mata pelajaran Kewirausahaan melihat hasil temuan bahwa self-efficacy teramat penting dalam menumbuhkan niat siswa dalam berwirausaha maka guru diharapkan selalu memberikan keyakinan dan motivasi kepada anak untuk pantang menyerah mencoba berwirausaha sedangkan bagi peneliti sendiri agar mampu meningkatkan keyakinan dan kepercayaan diri mengingat bahwa self-efficacy yang kuat akan mempengaruhi keberhasilan dalam mencoba berwirausaha.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S2 Pendidikan Bisnis dan Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60967

Actions (login required)

View Item View Item