Kehidupan kewirausahaan mahasiswa binaan Creative Center Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Choirul Anam - Repositori Universitas Negeri Malang

Kehidupan kewirausahaan mahasiswa binaan Creative Center Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Choirul Anam

Anam, Choirul (2014) Kehidupan kewirausahaan mahasiswa binaan Creative Center Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Choirul Anam. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anam Choirul. 2014. Kehidupan Kewirausahaan Mahasiswa Binaan Creative Center Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Tesis Program Studi S2 Pendidikan Bisnis dan Manajemen Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hariyono M.Pd (II) Dr. I Wayan Jaman Adi Putra M.Si Kata kunci kewirausahaan mahasiswa Creative Center 12288 12288 12288 Rata-rata tiap tahunnya ada 4000-an mahasiswa baru maupun lama yang terdaftar sebagai mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (FE UM) sejak tahun 2010 sampai 2013. Sedangkan jumlah mahasiswa yang dibina Creative Center FE UM tiap tahunnya tidak sampai 30 mahasiswa. Hal ini mencerminkan kurangnya minat mahasiswa FE UM berwirausaha sejak masih berstatus mahasiswa. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah kehidupan kewirausahaan mahasiswa binaan Creative Center Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang . Sedangkan sub fokus penelitiannya adalah 1) Bagaimanakah makna kewirausahaan bagi mahasiswa binaan Creative Center Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang 2) Bagaimanakah orientasi kewirausahaan mahasiswa binaan Creative Center Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang dan 3) Bagaimanakah perilaku kewirausahaan mahasiswa binaan Creative Center Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang . 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Pendekatan dan jenis ini dipilih dengan pertimbangan agar bisa memperoleh gambaran mengenai kewirausahaan mahasiswa binaan Creative Center secara lebih rinci dan mendalam berdasarkan pengalaman yang telah dialami. Penelitian ini dilaksanakan di tempat mahasiswa melakukan kegiatan kewirausahaan yaitu Malang Raya dan Kabupaten Tuban. Sumber datanya adalah empat orang yang melakukan kewirausahaan di bawah binaan Creative Center. Pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Makna kewirausahaan bagi mahasiswa binaan Creative Center FE UM adalah proses berpikir membaca peluang dan tindak lanjut yang dilakukan secara kreatif inovatif disertai dengan keberanian mengambil resiko dalam rangka menambah nilai suatu barang atau jasa untuk orientasi profit dan masa depan 2) Dalam berwirausaha mereka telah proaktif dan berani mengambil resiko. Indikator proaktifnya adalah responsif terhadap hal yang dilakukan pesaing dan berani memperkenalkan terlebih dahulu berkaitan dengan produk atau jasa baru yang mereka miliki. Indikator berani mengambil resiko adalah mereka berani mengambil tindakan yang mengandung resiko karena mereka terjun langsung dengan melakukan kegiatan usaha dan keyakinan diri bahwa keputusan yang diambil akan berhasil. Sedangkan inovasi mereka masih rendah karena rata-rata produk mereka bukan sesuatu yang benar-benar baru dan 3) Dalam berwirausaha telah tampak kepercayaan dirinya kepemimpinannya orientasi akan hasilnya dan orientasi masa depannya. Sedangkan originalitasnya masih rendah. Originalitas yang masih rendah ini disebabkan oleh masih rendahnya inovasi yang dimiliki mahasiswa. 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan bahwa 1) Perlu dimasukkan mata kuliah kewirausahaan di setiap program studi di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang dengan sistem blended learning yaitu selain diberikan teori juga diadakan studi lapangan dan praktek berwirausaha langsung untuk membekali mahasiswa sejak dini 2) Perlu pelatihan dan pendampingan yang lebih intens dari Creative Center Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang kepada mahasiswa binaannya terutama dalam hal mengasah keinovatifan produk mahasiswa dan 3) Perlu pelatihan dan pendampingan yang lebih intens dari Creative Center Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang kepada mahasiswa binaannya yang berfokus pada peningkatan originalitas produk mahasiswa. 12288 12288 12288

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S2 Pendidikan Bisnis dan Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60962

Actions (login required)

View Item View Item