Peningkatan hasil belajar, aktivitas, dan efikasi diri melalui pembelajaran model carousel feedback dan showdown pada mata pelajaran kewirausahaan / Jefry Aulia Martha - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar, aktivitas, dan efikasi diri melalui pembelajaran model carousel feedback dan showdown pada mata pelajaran kewirausahaan / Jefry Aulia Martha

Martha, Jefry Aulia (2014) Peningkatan hasil belajar, aktivitas, dan efikasi diri melalui pembelajaran model carousel feedback dan showdown pada mata pelajaran kewirausahaan / Jefry Aulia Martha. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Martha Jefry Aulia. 2014. Peningkatan Hasil Belajar Aktivitas dan Efikasi Diri Melalui Pembelajaran Model Carousel Feedback dan Showdown Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan. Tesis. Program Studi Pendidikan Bisnis dan Manajemen Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika R.W.W. M.A. M.Si. (II) Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto M.Ed. M.Si. Kata kunci hasil belajar aktivitas efikasi diri carousel feedback showdown Hasil belajar dan aktivitas yang rendah dari siswa kelas X MM 2 SMKN 1 Bondowoso merupakan masalah yang dihadapi oleh guru dalam mata pelajaran Kewirausahaan. Selain itu siswa cenderung cepat merasa bosan apabila guru dalam menyampaikan materi hanya menggunakan model pembelajaran konvensional. Kurang aktifnya siswa serta dominasi beberapa siswa dalam proses pembelajaran disebabkan oleh rendahnya efikasi diri siswa. Oleh karena itu perlu diterapkan model pembelajaran yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan kolaborasi model pembelajaran Carousel Feedback dengan Showdown dalam pembelajaran Kewirausahaan di kelas X MM 2 SMKN 1 Bondowoso terhadap peningkatan hasil belajar aktivitas dan self-efficacy siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan yang meliputi kegiatan planning (perencanaan) acting observating (tindakan dan pengamatan) reflecting (refleksi) dan revise plan (perbaikan rencana). Pengumpulan data dilakukan melalui tes observasi angket catatan lapangan dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah 32 siswa kelas X MM 2 SMKN 1 Bondowoso. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah penerapan kolaborasi model pembelajaran Carousel Feedback dengan Showdown terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari persentase nilai rata-rata siswa sebesar 73 44% pada siklus I menjadi 86 84% pada siklus II. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari 60% pada siklus I meningkat 19% menjadi 79% pada siklus II. Penerapan model pembelajaran Carousel Feedback dengan Showdown juga meningkatkan efikasi diri siswa sebanyak 25 siswa mendapat kategori efikasi diri sangat tinggi pada siklus II meningkat dari 15 siswa dengan kategori sangat tinggi pada siklus I. Berdasarkan hasil penelitian dapat dilakukan penelitian lebih lanjut terhadap siswa yang masih belum mengalami peningkatan hasil belajar aktivitas dan efikasi diri pada penelitian ini. Peneliti selanjutnya dapat dapat menerapkan kolaborasi model pembelajaran Carousel Feedback dan Showdown dengan menggunakan kompetensi dan subjek penelitian yang berbeda.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S2 Pendidikan Bisnis dan Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60960

Actions (login required)

View Item View Item