Yulianti, Margaretha (2014) Perbedaan motivasi dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah akuntansi keuangan menengah 1 antara penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) (studi pada mahasiswa Akuntansi Universitas Kanjuruhan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Yulianti M. 2014. Perbedaan Motivasi Dan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Akuntansi Keuangan Menengah 1 Antara Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) (Studi pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Kanjuruhan Malang Tahun 2012/2013). Tesis. Program Studi Pendidikan Bisnis dan Manajemen Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Bambang Banu Siswoyo M.M (II) Prof. Dr. Sudarmiatin M.Si. Kata Kunci Motivasi belajar Hasil belajar AKM 1 Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Terdapat paradigma yang berkembang dimasyarakat yang cenderung mengatakan bahwa akuntansi keuangan menengah 1 merupakan pelajaran yang sulit dan membosankan. Dalam usaha mengubah paradigma tersebut dilakukan penelitian ini yang menerapkan model pembelajaran problem based learning dengan pendekatan contextual teaching and learning. Diharapkan pada akhir penelitian ini mahasiswa mahasiswa tidak lagi menganggap akuntansi keuangan menengah 1 itu sulit dan membosankan serta dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa pada materi yang bersangkutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Perbedaan hasil belajar mahasiswa peserta mata kuliah AKM 1 sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran PBL dengan pendekatan CTL (2) Perbedaan hasil belajar mahasiswa peserta mata kuliah AKM 1 sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran konvensional (3) Perbedaan hasil belajar mahasiswa yang diterapkan model pembelajaran PBL dengan pendekatan CTL dan model pembelajaran konvensional untuk mata kuliah AKM 1 (4) Perbedaan motivasi belajar mahasiswa yang diterapkan model pembelajaran PBL dengan pendekatan CTL dan model pembelajaran konvensional untuk mata kuliah AKM 1. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester III Jurusan Akuntansi Universitas Kanjuruhan Malang. Data penelitian dikumpulkan menggunakan angket/kuesioner dan tes. Sebelum angket dan tes disebarkan untuk pengambilan data dilakukan uji validitas dan reliabilitas untuk angket dan tes yang digunakan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik uji t dengan menggunakan bantuan SPSS versi 20.00 for windows yang sebelumnya dilakukan uji asumsi analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil dan pembahasan penelitian adalah sebagai berikut 1) terdapat perbedaan hasil belajar mahasiswa peserta mata kuliah AKM 1 sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran PBL dengan pendekatan CTL. Peningkatan hasil belajar sesudah penerapan lebih baik dibandingkan dengan sebelum penerapan model pembelajaran PBL dengan pendekatan CTL 2) terdapat perbedaan hasil belajar mahasiswa peserta mata kuliah AKM 1 sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran konvensional. Peningkatan hasil belajar sesudah penerapan lebih baik dibandingkan sebelum penerapan model pembelajaran PBL dengan pendekatan CTL 3) terdapat perbedaan motivasi belajar mahasiswa yang diterapkan model pembelajaran PBL dengan pendekatan CTL dan model konvensional untuk mata kuliah AKM 1. Motivasi belajar mahasiswa yang menggunakan model pembelajaran PBL dengan pendekatan CTL lebih baik dibandingkan dengan motivasi belajar mahasiswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional dan 4) terdapat perbedaan hasil belajar mahasiswa yang diterapkan model pembelajaran PBL dengan pendekatan CTL dan model konvensional untuk mata kuliah AKM 1. Peningkatan hasil belajar mahasiswa yang menggunakan model pembelajaran PBL dengan pendekatan CTL lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar mahasiswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Disarankan kepada dosen mata kuliah AKM 1 agar menggunakan model pembelajaran PBL dengan pendekatan CTL untuk pokok bahasan yang mempunyai karakteristik yang sama pada penelitian ini. Sehingga model pembelajaran PBL dengan pendekatan CTL dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S2 Pendidikan Bisnis dan Manajemen |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 May 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60959 |
Actions (login required)
View Item |